RENUNGAN PAGI (JUMAT, 12 MARET 2021)

RENUNGAN PAGI


RENUNGAN PAGI

JUMAT, 12 MARET 2021

PEKAN PRAPASKAH III


St. Gregorius Agung, Paus: Maximilianus

BACAAN I: Hos. 14:2-10

MAZMUR: 81:6c-8a.8b-9.10-11b.14.17;

BACAAN INJIL: Markus 12:28b-34

DOA PEMBUKA:

Ya AllahYang Berbelas Kasih, curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami agar kami dibebaskan dari kesalahan-kesalahan manusiawi dan semakin menaati ajaran-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala Masa. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Hukum rimba belaku siapa yang kuat dia yang menang. Siapa kuat dia yang menguasai dan merajai daerah tersebut. Hari ini Yesus juga berbicara tetang peraturan atau hukum. Orang Saduki dan ahli Taurat mempertanyakan mengenai hukum utama dan hukum pokok. Hukum yang utama adalah mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, dengan segenap jiwa, dengan segenap akal budi dan dengan segenap kekuatan. Hukum yang kedua adalah kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Kasih kepada Tuhan secara total dan juga kepada manusia seperti kepada diri sendiri menjadi yang utama. Termasuk mengasihi alam semesta juga menjadi utama di zaman sekarang ini.

Hukum mengasihi dan mencintai ini sering kali juga sudah membaur dengan prinsip-prinsip bisnis. Jika saya mengasihi Allah dengan total apa yang saya dapatkan dari mengasihi Allah tersebut. Demikian juga dengan sesama, saya mengasihi sesama seperti mengsihi diri sendiri, apa yang bisa saya dapatkan. Mentalitas bisnis merasuki kehidupan rohani umat beriman. Relasi kasih umat Allah dengan Tuhan disamakan dengan relasi bisnis.

Bagaimana dengan kita yang menamakan diri sebagai manusia beriman, apakah kita ikut terpengaruh dengan arus perkembangan zaman ini dalam beriman kepada Tuhan dengan menghitung untung-rugi? Mari kita berusaha tetap mengasihi Allah dengan total dan mengasihi sesama seperti mengasihi diri kita sendiri. Dengan demikian, apa yang dikatakan Yesus menenai hukum utama itu menjadi dasar kita bertindak. Mari kita tetap berusaha setiap hari untuk melaksanakan hukum Tuhan dengan penuh hasih dalam hidup.


0 Response to "RENUNGAN PAGI (JUMAT, 12 MARET 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel