RENUNGAN PAGI (SENIN, 1 MARET 202)

RENUNGAN PAGI


RENUNGAN PAGI

SENIN, 1 MARET 2021

PEKAN PRAPASKAH I

St. Feliks III; St. David

BACAAN I: Dan. 9:4b-10

MAZMUR: 79:8.9.11.13;

BACAAN INJIL: Lukas 6:36-38

DOA PEMBUKA:

Allah Bapa Maha Pengasih, Engkau menghendaki kami melakukan matiraga untuk menyembuhkan batin kami. Bantulah kami melepaskan diri dari segala dosa, agar sanggup melaksanakan cinta kasih-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Di Masa Prapaskah, masa retret agung, dan masa tobat, Tuhan mengingatkan kita untuk tidak menghakimi. Penghakiman yang adil hanya ada pada Allah. Ia tidak pernah mengangkat siapa pun untuk menjadi hakim-Nya. Karenanya tidak seorang pun berhak menghakimi sesamanya. Jika diantara kita ada yang berprofesi sebagai hakim, hendaklah mengadili dengan adil. Sebab apa yang dilakukannya harus dipertanggungjawabkan bukan hanya di hadapan manusia, tetapi juga di hadapan Allah. Satu hal penting yang harus diingat, “Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan padamu” (Luk.6:38).

Mengenai ukuran yang baik, saya teringat akan peritiwa ketika diminta membantu ibu untuk menakar beras dengan “beruk” alat ukur dari tempurung kelapa. Beruk harus diisi penuh dan digoncangkan. Beliau masih berpesan, ‘Jangan menipu’. Takaran yang dipadatkan, digoncangkan, dan tumpah keluar merupakan gambaran, wujud dari sikap murah hati. 

Pesan Yesus hari ini, “Hendaklah kamu murah hati” dan “Jangan kamu menghakimi” saling berkaitan. Jika orang memiliki sikap murah hati, ia pasti tidak mudah menghakimi dan menilai sesamanya. Pesan tersebut mengingatkan kita akan pesan yang lain, “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatkah demikian juga kepada mereka” (Mat. 7:12). Semoga kita ditemukan Allah sebagai orang-orang yang murah hati, tidak cepat menghakimi sesama, melainkan selalu berupaya mengajak orang lain belaku baik dan bertindak benar.     


0 Response to "RENUNGAN PAGI (SENIN, 1 MARET 202)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel