RENUNGAN PAGI (KAMIS, 25 FEBRUARI 2021)

renungan pagi


RENUNGAN PAGI

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021

PEKAN PRAPASAH I

DOA PEMBUKA:

Allah Bapa Yang Mahabaik, karuniakanlah kepada kami roh yang selalu memikirkan dan melakukan yang baik dan semoga kami selalu hidup seturut kehendak-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatauan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Dalam Injil hari ini kita disuguhkan dengan bacaan yang sangat indah, terutama bagi kita orang beriman. Disana dikatakan bahwa setiap orang yang meminta pasti akan menerima, yang mencari akan mendapatkan, dan yang mengetuk pintu akan dibukakan. Gambaran yang sempurna akan Allah sebagai Bapa yang berbelas kasih. Namun, yang menjadi pertanyaan kita, mengapa setiap doa dan permohonan kita sering kali tidak dikabulkan Tuhan? Padahal Tuhan sendiri bersabda, “Mintalah maka akan diberikan padamu”.

Semua orang beriman, meminta kepada Tuhan dalam doa itu hal yang biasa. Hampir setiap hari seluruh doa kita selalu dipenuhi dengan permintaan hingga lupa cara untuk bersyukur. Semua permintaan doa-doa kita, hanya lewat begitu saja. Sehingga akhirnya menjadi pertanyaan bagi kita, dimanakah yang salah? Sabda Allah, atau doa-doa kita yang salah?

Bukan Sabda atau doa yang salah, tetapi kita yang lupa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan hal yang mendasar bagi kehidupan, sedangkan keinginan merupakan segala sesuatu yang bisa membuat kita lebih menikmati hidup. Kadang keinginan akan sangat kita perjuangkan, padahal masih ada kebutuhan yang harus dipenuhi. Mungkin karena kita lupa membedakan kedua hal itu, sehingga semuanya terlihat seperti kebutuhan. Selain itu, doa merupakan gambaran relasi anatara umat beriman dengan Tuhan Allah dan sesama. Dengan demikian kita dapat melihat, jika isi dalam doa kita hanya meminta dan meminta saja, maka demikian juga relasi kita dengan sesama. Kita hanya meminta dan lupa untuk berbagi. 

Karena itulah, melalui Injil hari ini kita diingatkan, jika doa dan permohonan kita belum mendapat jawaban dari Tuhan maka kita diajak untuk melihat kembali relasi kita dengan Tuhan Allah dan sesama. Apakah selain meminta, kita juga mau berbagi dengan sesama? Bukankah kita sebagai umat beriman juga dituntut untuk sempurna seperti Bapa di surga yang sempurna adanya?


0 Response to "RENUNGAN PAGI (KAMIS, 25 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel