RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 25 FEBRUARI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 25 FEBRUARI 2021

PEKAN PRAPASKAH I (UNGU)

BACAAN I: Est. 4:10a.10c-12.17-19

MAZMUR: 138:1-2a.2bc-3.7c-8;

BACAAN INJIL: Matius 7:7-12

'Setiap orang yang meminta akan menerima"

Dalam khotbah di bukit Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

RENUNGAN:

Ketika berada dalam situasi yang kritis, entah itu karena kekurangan diri kita sendiri, entah karena penyakit Covid-19, entah karena serangan musuh yang iri hati dan membenci kita, kita membutuhkan sebuah benteng dan seorang yang patut diandalkan. Ester mengalami hal itu dan yang menjadi benteng dan orang andalannya adalah Tuhan sendiri. Hanya kepada Tuhanlah Ester menyampaikan keluh kesah dan permohonannya. Ia memohon kekuatan dan kebijaksanaan bagi dirinya dan memohon supaya musuhnya berubah hatinya. Hanya kepada Tuhan kita meminta dan mencari, dan Tuhan adalah pintu kehidupan yang harus diketuk setiap kali. Ester telah membuktikan hal itu.

Yesus menegaskan hal yang sama dalam bacaan Injil. Tuhan adalah Dia yang selalu memberi kepada yang meminta dan memohon, selalu menunjukan kepada mereka yang mencari dan selalu membuka pintu kepada mereka yang mengetuk. Dia adalah Bapa yang baik hati, dan mau supaya kita sebagai anak-anaknya tidak berkekurangan dalam hidup. Dia juga menghendaki agar kita menjadi orang baik dan benar. Salah satu contohnya adalah ingin supaya hal baik yang dikehendaki terjadi pada diri sendiri, kita ingin juga supaya hal itu terjadi kepada orang lain. Dengan itu, kita sadar bahwa meminta, mencari, dan mengetuk juga dibarengi dengan cinta yang universal, membagi diri dengan orang lain. Menjadi bahagia dengan kesuksesan dan kebesaran orang lain.

Ya Tuhan, dalam kesesakan yang kami alami, ajarilah kami untuk tidak putus asa tetapi selalu memohon, mencari, dan mengetuk pintu kehidupan, dan semuanya itu mengarah kepada Dikau sendiri. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 25 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel