RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 8 FEBRUARI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 8 FEBRUARI 2021

Pekan Biasa V (HIJAU)

St. Yohanes dr Matha; St. Hierominus Emilianus

BACAAN I: Kej. 1:1-19

MAZMUR: 104:1-2a.5-6.10-12.24.35;

BACAAN INJIL: Markus 6:53-56

"Semua orang yang menjamah Yesus, menjadi sembuh"

Setibanya di seberang Yesus dan murid-murid-Nya mendarat di Genesaret dan berlabuh di situ. Ketika mereka keluar dari perahu, orang segera mengenal Yesus. Maka berlari-larilah mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tilamnya kepada Yesus, di mana saja kabarnya Ia berada. Ke manapun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh.

RENUNGAN:

Alam adalah sesuatu yang indah dan harmoni. Dalam Bahasa Yunani seluruh alam disebut cosmo yang berarti jagat raya, indah, teratur, harmoni, dan cantik. Keindahan, keteratuan dan keharmonisan alam semesta tidak lepas dari Sang Pencipta, yaitu Allah sendiri. Demikianlah dikisahkan dalam Kitab Kejadian dalam bacaan pertama. Allah menciptakan segala sesuatu dari ketiadaan dan dengan ber-Firman; Allah berfirman, maka semua yang dikehendaki-Nya ada dan terjadi. Allah mulai menjadikan dunia anorganik, objek-objek alam lalu kemudian diikuti oleh dunia organik (hewan dan tumbuhan). Keduanya dan seluruh lingkungan sekitarnya adalah satu kesatuan yang utuh. Ketiadaan menjadi ada, kekosongan menjadi penuh dan berisi, itulah karya Allah, Sang Ada untuk semua.

Kisah penciptaan alam semesta oleh Allah menunjukan bahwa alam itu sakral dan harus dihormati, walaupun boleh digunakan untuk kepentingan manusia. Pengrusakan atau kekerasan terhadap alam menimbulkan berbagai macam penderitaan, namun Allah Maharahim dan penuh belas kasih. Ia ingin membebaskan manusia yang menderita, mungkin secara langsung atau tidak langsung akibat kekerasan dosa. Itulah yang ditunjukan Yesus dalam bacaan Injil. Yesus menyembuhkan banyak orang sakit. Ia membawa pembebasan bagi mereka. Manusia dibebaskan dari kekerasan hidup, akibat dosanya sendiri.

Ya Tuhan, bebaskanlah kami dari rasa cemburu dan iri hati yang membawa kami kepada kekerasan terhadap sesama. Semoga Kau bebaskan dari segala penderitaan, supaya kami mengalami kedamaian hidup. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 8 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel