MENGAPA ANGGUR MISA DICAMUR AIR?

ekaristi gereja


MENGAPA ANGGUR MISA DICAMUR AIR?

Dalam Perayaan Ekaristi Gereja Katolik, pada bagian doa Syukur Agung merupakan bagian puncak dari Ekaristi itu. Dimana Pastur dalam konsekrasi doa Syukur Agung mengubah roti dan anggur menjadi tubuh dan darah Kristus. Jika kita melihat dengan seksama anggur yang di gunakan dalam Ekaristi, sebelum di konsekrasi terlebih dahulu di campur dengan air. 

Mengapa Imam mencapur anggur dan air dalam Ekaristi? Dahulu, anggur merupakan minuman yang bisanya dihidangkan waktu bersantap. Air terkadang kurang higenis, maka digunakan anggur yang mengandung alkohol sebagai pembasmi kuman. Lalu orang menambahkan air ke dalam anggur untuk menipiskan atau mengurangi kadar alkoholnya. Selain itu juga untuk kegiatan pesta-pesta supaya cukup untuk para tamu undangan yang datang, maka air dicampurkan ke dalam anggur. Sama halnya seperti orang memecah-mecahkan roti, agar lebih banyak orang mendapat manakan tersebut. 

Menuangkan air ke dalam anggur dalam Ekaristi merupakan tanda keramatan pada masa Gereja perdana. Mereka siap menerima siapa saja yang datang ke dalam perjamuan kudus mereka. Jadi itulah alasanya mengapa Imam atau Pastur mencampur air ke dalam anggur pada waktu Ekaristi. Semoga bermanfaat.   


0 Response to "MENGAPA ANGGUR MISA DICAMUR AIR?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel