RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 6 FEBRUARI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 6 FEBRUARI 2021

Hari Biasa IV 

Pw. St. Paulus Miki.Mrt (Merah)

BACAAN I: Ibr. 13:15-17.20-21

MAZMUR: 23:1-3a.3b-4.5.675;  

BACAAN INJIL: Markus. 6:30-34

"Mereka itu bagaikan domba-domba tak bergembala"

Kemudian rasul-rasul itu kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan. Lalu Ia berkata kepada mereka: "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!" Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat. Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi pada waktu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka. Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

RENUNGAN:

Kesibukan kita adalah keseharian kita. Tidak ada satu pun yang tidak penting. Semuanya harus kita buat dan harus kita layani. Namun, lama-kelamaan kita bisa tenggelam dalam kesibukan. Jatuh dalam aktivisme. Ketajaman kekuatan bisa berkurang, seperti parang atau kapak yang digunakan terus-menerus akan menjadi tumpul. Perlu diasah kembali. Itulah yang dialami Yesus yang kita dengar dalam Injil hari ini. Ia mau menarik diri dari kesibukan pelayanan. Mengasingkan diri ke tempat yang sunyi. Bukan untuk menghindari mereka yang membutuhkan, melainkan untuk menenangkan diri, menimba kekuatan yang lebih besar. Supaya bisa melayani lebih banyak, menjangkau lebih luas, dan membagi lebih besar. Menarik diri untuk melipat-gandakan pelayanan.

Namun, dalam kisah Injil itu, tempat sunyi yang mau dituju Yesus ternyata sudah ramai. Sudah banyak orang disitu. Mereka seperti domba tanpa gembala. Yesus tergerak hatinya oleh belas kasihan dan melayani mereka dengan ajaran yang menguatkan. Kapan dan di mana pun Yesus selalu berbuat baik. Ini adalah contoh kurban yang berkenan pada Allah. Itu yang dikatakan dalam bacaan pertama dari surat kepada orang Ibrani. Kristus sendiri Sang Gembala Agung akan meneguhkan karya kita.

Ya Tuhan, bantulah kami untuk menarik diri sejenak dari kesibukan agar kami mampu mengevaluasi diri, berada dalam keheningan dengan Dikau, dan menimba kekuatan dari-Mu sendiri. Dengan itu kami bisa melayani dan berbagi rahmat-Mu dengan lebih besar, luas, dan lebih banyak. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 6 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel