RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 18 FEBRUARI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 18 FEBRUARI 2021

HARI KAMIS SESUDAH RABU ABU (UNGU)

BACAAN I: Ul. 30:15-20

MAZMUR: 1:1-2.3.4.6;

BACAAN INJIL: Lukas 9:22-25

Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga." Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

RENUNGAN:

Mewartakan dan menegakan kebenaran secara total dan sampai tuntas itulah yang dilakukan Yesus. Ia mengharapkan pengikut-Nya melakukan hal yang sama. Ditolak oleh banyak orang, pikul salib, dan pertaruhkan nyawa itulah jalan yang harus dilewati mereka yang menjadi pewarta dan saksi Sabda Tuhan. Tersebar dan tertanamnya benih Injil Kerajaan Allah dalam hati setiap orang adalah jejak dan sambungan sejarah dari nyawa yang berkurban untuk Kabar Baik itu. Demikian kita dengar dalam bacaan Injil hari ini. Hal ini selaras dengan bacaan pertama yang diambil dari Kitab Ulangan. Israel berhadapan dengan dua pilihan mengasihi Tuhan, dan akan memperoleh kehidupan, atau berbalik dari Allah dan kemudian menjadi binasa.

Hidup adalah sebuah pilihan, dan pilihan itu akan menjadi tepat jika hati nurani bening dan pikiran jernih. Dengan itu, pilihan akan menjadi sebuah kehidupan. Walalupun umur pendek tetap memilih nilai yang bersifat abadi maka semuanya menjadi kekal, dan dikenang sebagai orang baik. Tetapi walaupun umur panjang dan memiliki seluruh dunia, jika memilih jalan kejahatan semuanya menjadi tak bernilai. Mari memilih apa yang abadi, sambil berdiri dalam kebenaran dan keadilan kini dan di sini. Dengan kefanaan kita juga akan dimuliakan.

Tuhan, bantulah kami untuk menjadi saksi kebaikan, kebenaran, dan keindahan hidup yang adalah jalan yang Engkau tanamkan dalam diri kami dan yang kami harus wartakan sepanjang hidup kami. Semoga kami sambil berpijak pada dunia kini dan di sini tetap memikirkan kemuliaan yang akan datang. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 18 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel