RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 19 FEBRUARI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 19 FEBRUARI 2021

HARI JUMAT SESUDAH RABU ABU (UNGU)

St. Marselus; St. Konradus

BACAAN I: Yes. 58:1-9a

MAZMUR: 51:3-4.5-6a.18-19;

BACAAN INJIL: Matius 9:14-15

Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

RENUNGAN:

Hari ini kita mendengar dua bacaan yang berbicara tentang puasa. Nabi Yesaya, dalam bacaan pertama, menekankan esensi puasa. Bahwasannya, berpuasa bukanlah soal jasmaniah, bukan soal berseru atau berteriak pada Tuhan, bukan soal makan atau tidak makan, bukan soal duduk diatas abu, melainkan soal niat dan komitmen kita untuk berhenti berbuat dosa, kejahatan, kerakusan, dan kelaliman, dan berbalik kepada cara hidup yang kudus. Berpuasa adalah soal bela rasa dan belas kasihan: memberi makanan kepada yang lapar, membagikan pakaian kepada yang telanjang, memberikan tumpangan kepada tunawisma, mengunjungi yang sakit, menghibur yang berduka, membuka diri terhadap sesama dalam segala hal, dll. Demikianlah kita, menurut Nabi Yesaya, akan menjadi terang, dan Tuhan akan menjawab kita ketika kita berseru kepada-Nya.

Dalam bacaan Injil, murid-murid Yohanes datang kepada Yesus, dan bertanya perihal murid-murid Yesus yang tidak berpuasa. Menarik yang dikatakan oleh Yesus. Tujuan akhir puasa adalah dekat dengan Tuhan dan segala perintah-Nya. Murid-murid Yesus sedang dekat dengan Tuhan sendiri dan belajar dan diajari tentang Injil Keselamatan. Pada masa itu Yesus melihat sebagai “masa bulan madu” antara diri-Nya dan murid-murid-Nya. Menjalankan puasa dengan benar dan baik selama masa prapaskah ini akan menyabankan masa ini menjadi “masa bulan madu” dengan Tuhan.

Ya Tuhan, semoga kami menjalankan masa puasa ini dengan baik dan benar: berhenti berbuat dosa, berhenti dari kebiasaan-kebiasaan yang merusak diri dan sesama, berbela rasa dengan mereka yang menderita, lapar, haus, sakit, terpinggirkan dalam kehidupan masyarakat. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 19 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel