SIMBOL DALAM BAPTIS

simbol baptis


SIMBOL DALAM BAPTISAN

Pembaptisan yang dilaksanakan oleh Gereja Katolik tentu menggunakan sarana atau simbol-simbol didalamnya. Ada makna yang terkandung didalamnya dari simbol yang digunakan tersebut. 

Simbol-simbol dalam baptisan Gereja:

  1. Salib: salib mengingatkan akan kejamnya dosa, sehingga Allah sendiri yang menebus melalui kematiannya. Inilah besarnya kasih Allah pada manusia sehingga kita beroleh kemenangan. Salib adalah tanda hidup yang dapat mengubah manusia lama menjadi manusia baru.
  2. Air: air melambangkan alat untuk menyucikan kita dari dosa. Air mengalir menandakan bahwa hidup manusia akan selalu jatuh dalam dosa. Namun akan selalu dibasuh dengan rahmat Allah yang tidak pernah habis seperti air yang mengalir.
  3. Kain Putih: mereka yang telah disucikan dari dosa asal dan telah menjadi milik Kristus. Mereka akan selalu mengenakan Kristus seperti kain putih yang bersih.
  4. Lilin: lilin mengambil bagian dalam terang Kristus yaitu menjadi anak-anak terang. Anak-anak bijaksana yang akan selalu membawa pelita dengan minyaknya.
  5. Minyak: minyak melambangkan Roh Kudus. Kekuatan yang merupakan salah satu pemberian Roh Kudus. Kekuatan ini yang memampukan orang-orang yang dibaptis untuk setia. Kesetiaan ini akan dibawa sampai kita bersatu dengan Dia. Baptisan tidak akan hilang, sekalipun orang itu meninggalkan Gereja.


0 Response to "SIMBOL DALAM BAPTIS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel