KENAPA HARUS ADA NAMA BAPTIS?

mengapa harus ada nama baptis


KENAPA HARUS ADA NAMA BAPTIS?

Orang Kristiani biasanya mempunyai nama baptis tersendiri yang dipilihnya. Hal ini salah satu ciri khas yang membedakan orang Kristiani dan yang lain. Mengapa harus ada nama baptis? Dalam pembapisan bisanya imam akan memanggil seseorang dengan nama baptis yang dipilih, “ (Nama) Aku membaptis kamu dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus”. Melalui nama baptis kita diingatkan bahwa kita telah bergabung dengan Yesus dan dipanggil sebagai anak Allah. Nama baptis memang bukan termasuk syarat sah dalam pembaptisan, tetapi penggunaan nama baptis merupakan tradisi Gereja yang baik dan pantas dilanjutkan.

Dalam homilinya, Santo Yohanes Krisostomus menganjurkan agar orang tua memilihkan nama orang kudus. Melalui nama baptis, seseorang diharapkan meneladani hidup orang kudus tersebut dalam mengikuti Tuhan.

Penegasan penggunaan nama orang kudus sebagai nama baptis tertuang dalam Cathecimus Romanus (1566) dan Rituale Romanum (1614). Ada empat makna yang terkandung di dalamnya: Pertama, seseorang diharapkan memancarkan keutamaan, kesucian, dan keteladanan orang kudus tersebut. Kedua, kita mengimani bahwa orang kudus menjadi perantara dan membantu seseorang untuk hidup pantas di hadapan Allah. Ketiga, nama baptis sebgai simbol hidup baru yang diterima melalui baptisan. Keempat, yaitu persekutuan Gereja dengan Allah dan dengan semua umat beriman yang masih hidup, yang sudah meninggal, dan yang sudah mulia disurga, yakni para kudus. 


0 Response to "KENAPA HARUS ADA NAMA BAPTIS?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel