RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 17 JANUARI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 17 JANUARI 2021

Pekan Biasa II (HIJAU)

Pw. St. Antonius Abbas (P)

BACAAN I: 1Sam. 3:3b-10.19

MAZMUR: : 40:2.4ab.7-8a.8b-9.10;

BACAAN II: 1Kor. 6:13c-15a.17-20

BACAAN INJIL: Yohanes 1:35-42

Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya. Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!" Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus. Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu cari?" Kata mereka kepada-Nya: "Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?" Ia berkata kepada mereka: "Marilah dan kamu akan melihatnya." Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat. Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus. Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)." Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

RENUNGAN:

Pada 12 Mei 2020, Indonesia kehilangan maestro budayawan campursari Didi Kempot. Menurut kesakian banyak orang, sang maestro selalu mengupayakan agar penggemarnya mencintai budaya dan musik milik negeri. Tujuannya bukan supaya mendapat pujian, tetapi terutama agar para penggemarnya mencintai budayanya sendiri. Yohanes Pembaptis juga sama. Ia mengajak para muridnya dan memberi kesaksian bahwa bukan dirinya yang harus diagungkan, melainkan Yesus, Sang Anak Domba.

Ketika Yohanes mengatakan, ‘Lihat Sang Anak Domba’, momen itu merupakan hari penting bagi para muridnya. Hari yang penuh berkat ketika para muridnya mengikuti dan tinggal bersama Yesus. Mereka telah menyerahkan diri untuk menjadi murid Yesus. Itu terjadi karena kesaksian Yohanes Pembaptis yang telah menghasilkan buah yang luar biasa. Ini berlanjut sampai salah seorang dari antara mereka, yaitu Andreas kemudian merekrut saudaranya untuk bergabung. Pertemuannya dengan Mesias merupakan sebuah berita sukacita yang harus segera disampaikan kepada saudaranya. Berita yang disampaikan Andreas kemudian menjadi titik balik di dalam hidup Simon Petrus. Ia kemudian menjadi rasul besar. Begitu besar dampak berita tantang Yesus di dalam kehidupan orang. Andai saja Andreas tidak memiliki semangat berbagi seperti yang terjadi pada kebanyakan orang Kristen, apa jadinya dengan hidup Simon Petrus?

Yohanes memperkenalkan Yesus kepada murid-muridnya. Para muridnya juga mau mengikuti Yesus. Demikian juga kita pada zaman ini tetap dipanggil untuk memperkenalkan: Dia adalah Kristus, Sang Anak Domba Allah. Paus Fransiskus mengatakan bahwa memperkenalkan Kristus pada zaman ini antara lain dengan jangan menggosip, hentikan mengadili orang, dan berhenti bersikap kejam dan serakah.

Allah Bapa, mampukan kami menghadirkan belas kasih, kepedulian, dan pengampunan serta mampu merengkuh dengan kasih para pendosa. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 17 JANUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel