RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 10 DESEMBER 2020)

renungan harian kamis 10 desember 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 10 DESEMBER 2020

PEKAN II ADVEN (UNGU)

St. Miltiades

BACAAN I: Yes. 41:13-20

MAZMUR: 145:1.9-13b;

BACAAN INJIL: Mat. 11:11-15

Injil Matius. 11:11-15

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan  —  jika kamu mau menerimanya  —  ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

RENUNGAN:

Merasa dilupakan dan ditinggalkan adalah suatu pengalaman yang menakutkan. Misalnya, beberapa lansia yang kadang begitu rapuh karena kondisi fisik yang semakin menurun dan kesehatan yang semakin berkurang. Seakan-akan mulai dilupakan dan kurang mendapat perhatian dari anak-anak, masyarakat, dan Gereja. Ketakutan bisa saja dialami setiap orang. Ada orang takut karena persoalan ekonomi, kesehatan, poitik, dan lainnya. Pengalaman merasa ditinggalkan juga dirasakan oleh Allah ketika dalam masa pembuangan di negeri Babel. Dalam kelemahan dan keterpurukan, mereka kehilangan harapan. Maka melalui Nabi Yesaya, Allah meminta agar umat-Nya tetap setia dan percaya bahwa mereka akan mendapat pertolongan. Dalam keadaan seperti itulah Tuhan bekata, “Jangan takut..., Akulah yang menolong engkau demikianlah firman Tuhan, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel”. Hanya mereka yang mau tetap berpegang teguh pada janji Tuhan akan mengalami ketenangan dalam menghadapi segala keadaan.

Sesulit atau sebesar apapun pergumulan kita, Allah tidak pernah meninggalkan kita. Bahkan Ia selalu siap sedia untuk menolong kita seperti yang dialami oleh Yohanes Pembaptis dalam tugas perutusannya. Sesungguhnya Yohanes Pembaptis menjadi terbesar bukan karena ia telah melakukan hal-hal besar dalam hidupnya melainkan karena keteguhan iman dan kualitas kerendahan hatinya. Pada masa Adven ini, merilah kita menantikan kedatangan Tuhan dengan penuh iman dan pengharapan bahwa Allah akan menolong kita, sebab Ia tidak akan menginggalkan kita.

Ya Allah, ada banyak hal dalam perjalanan hidup ini yang membuat kami mengalami ketakutan. Berilah kami pengharapan yang teguh akan penyertaan-Mu. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 10 DESEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel