RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 16 NOVEMBER 2020)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 16 NOVEMBER 2020

Pekan Biasa XXXIII (Hijau)

BACAAN I: Why. 1:1-4.2:1-5a

MAZMUR: 1:1-4b

BACAAN INJIL: Luk. 18:35-43

Injil Lukas. 18:35-43

Waktu Yesus hampir tiba di Yerikho, ada seorang buta yang duduk di pinggir jalan dan mengemis.Waktu orang itu mendengar orang banyak lewat, ia bertanya: "Apa itu?" Kata orang kepadanya: "Yesus orang Nazaret lewat." Lalu ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" Maka mereka, yang berjalan di depan, menegor dia supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!" Lalu Yesus berhenti dan menyuruh membawa orang itu kepada-Nya. Dan ketika ia telah berada di dekat-Nya, Yesus bertanya kepadanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang itu: "Tuhan, supaya aku dapat melihat!" Lalu kata Yesus kepadanya: "Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Dan seketika itu juga melihatlah ia, lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Allah. Seluruh rakyat melihat hal itu dan memuji-muji Allah.

RENUNGAN:

Tidak jarang kita beranggapan bahwa iman itu hanya untuk memenuhi tuntutan saja. Atau iman hanya karena ikut-ikutan teman saja. Injil hari ini menyadarkan kita bahwa iman itu justru menyembuhkan dan menyelamatkan. Karena iman, seorang buta bisa melihat. Lalu kata Yesus kepadanya: “Melihatlah engkau, imanmu telah menyelamatkan engkau!”.

Dari seorang buta itu kita belajar beriman yang sejati, yaitu sikap pasrah secara total pada rencana dan kehendak Tuhan. Hal itu ditunjukan dalam seruannya ketika Yesus lewat di depan dia: “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!”.

Mari kita merawat iman agar terus bertambah subur dan berbuah dalam kehidupn nyata kita sehari-hari. Buah iman itu ditunjukan dalam puji-pujian kita kepada Allah dan serentak pula dalam bentuk solidaritas kita terhadap sesama dan alam ciptaan. Iman yang terus dirawat akan mengantar kita pada kebahagiaan di dunia fana ini dan keselamatan abadi setelah peziarahan kita di dunia ini selesai. Seorang buta dalam Injil memuji-muji Allah karena telah mengulurkan tangan kasih-Nya.

Tuhan Yesus Kristus, Engkau Sang Tabib Agung. Berikanlah iman yang benar, pengharapan yang teguh, dan kasih yang sempurna. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 16 NOVEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel