RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 1 DESEMBER 2020)

renungan harian selasa 1 desember 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 1 DESEMBER 2020

PEKAN I ADVEN (UNGU)

B. Dionisius dan Redemptus

BACAAN I: Yes. 11:1-10

MAZMUR: 72:2.7-8.12-13.17;

BACAAN INJIL: Luk. 10:21-24

Injil LUKAS 10:21-24

Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak ada seorangpun yang tahu siapakah Anak selain Bapa, dan siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu." Sesudah itu berpalinglah Yesus kepada murid-murid-Nya tersendiri dan berkata: "Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat. Karena Aku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya."

RENUNGAN:

Rasa syukur membuat kita menjalani hidup ini dengan sukacita dan hidup rukun satu sama lain. Itulah yang selalu dirindukan oleh setiap manusia baik secara pribadi maupun bersama. Suasana kerukunan akan membuat kehidupan itu sendiri semakin bertumbuh. Sebaliknya, tidakan kekacauan akan mengakibatkan jatuhnya korban. Nabi Yesaya menjelaskan inti dari apa yang dicari manusia sepanjang hidup. Yesaya mendapat penglihatan akan hari dimana manusia menapatkan apa yang dibutuhkan dan dinantikan di tengah konflik atau ancaman kematian. Penglihatan tersebut terarah kepada kepada kedatangan Yesus sebagai Raja Damai yang mengampuni dosa manusia dan memberikan hidup dipenuhi rasa damai. Kita percaya Yesus adalah penggenapan dari nubuat Nabi Yesaya sebagai Raja Damai.

Ucapan syukur yang disampaikan Yesus dalam Injil hari ini, hendak mengajak kita untu bersyukur dengan apa yang kita lihat, yang kita miliki, dan yang kita alami saat ini. Dengan demikian, sesungguhnya banyak alasan bagi kita untuk selalu mengucap syukur, mulai dari hal-hal yang tampak kecil dan sederhana sampai pada hal-hal besar. Bahkan sejak kecil orang tua kita sudah melatih kita untuk belajar mengucapkan terima kasih atau bersyukur. Ucapan syukur tentu harus mengalir dari sikap kesadaran diri dan ketenangan batin. Maka, marilah kita menjalani masa adven ini dengan penuh rasa syukur karena Allah yang telah mempersiapkan kedatangan Putra-Nya demi keselamatan kita dan membawa terang bagi perjalanan hidup kita.

Ya Allah, Engkaulah Raja Damai yang datang ke dunia. Semoga kami mengalami kedamaian karena kasih-Mu yang terus mengalir bagai air. Amin  


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 1 DESEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel