RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 2 DESEMBER 2020)

renungan harian rabu 2 desember 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 2 DESEMBER 2020

PEKAN ADVEN I (UNGU)

Sta. Bibiana; B. Maria Angela

BACAAN I: Yes. 25:6-10a

MAZMUR: 23:1-6;

BACAAN INJIL: Mat. 15:29-37

Injil Matius 15:29-37

Setelah meninggalkan daerah itu, Yesus menyusur pantai danau Galilea dan naik ke atas bukit lalu duduk di situ. Kemudian orang banyak berbondong-bondong datang kepada-Nya membawa orang lumpuh, orang timpang, orang buta, orang bisu dan banyak lagi yang lain, lalu meletakkan mereka pada kaki Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya. Maka takjublah orang banyak itu melihat orang bisu berkata-kata, orang timpang sembuh, orang lumpuh berjalan, orang buta melihat, dan mereka memuliakan Allah Israel. Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan." Kata murid-murid-Nya kepada-Nya: "Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya?" Kata Yesus kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" "Tujuh," jawab mereka, "dan ada lagi beberapa ikan kecil." Lalu Yesus menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh.

RENUNGAN:

Nabi Yesaya menyampaikan kabar sukacita datangnya keselamatan Allah seperti sebuah perjamuan besar. Tuhan semesta alam akan menyediakan suatu perjamuan dengan anggur yang tua, masakan yang berlemak dan bersumsum. Perjamuan tersebut menggambarkan berkat Allah yang melimpah akan dialami setiap orang yang percaya kepada-Nya. Oleh kerena itu, sebagai orang beriman, kita harus selalu berpengharapan dan optimis. Sebagai manusia, kita menyadari bahwa kita orang yang lemah dan berdosa. Namun, Allah senantiasa membuka pintu kerahiman-Nya bagi siapa saja.

Tindakan Yesus menyembuhkan penyakit dan memberi makan lima ribu orang, hendak mau mewartakan kasih Allah yang tak terbatas. Dalam kisah ini, Yesus menunjukan kepedulian-Nya kepada mereka yang menderita dan berkekurangan. Setiap manusia tentu membutuhkan makanan. Menarik bahwa Yesus pun sampai turun tangan untuk mengurus dan menyediakan makanan kepada orang-orang yang mau mengikuti-Nya. Dengan kata lain, kehadiran Yesus sesungguhnya telah membawa keselamatan kepada manusia.

Ya Allah, meskipun kami selalu jatuh dalam dosa, namun Engkau selalu mengundang kami untuk datang mengalami kasih-Mu. Semoga kami setia datang ke perjamuan-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 2 DESEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel