RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 5 NOVEMBER 2020)

renungan harian katolik


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 5 NOVEMBER 2020

PEKAN BIASA XXXI (Warna Liturgi HIJAU)

Sta. Elizabeth dan St. Zakharias

BACAAN I: Flp. 3:3-8

MAZMUR: 105:2-3.4-5.6-7;

BACAAN INJIL: Luk.15:1-10

Injil Lukas 15:1-10

Akan ada sukacita di surga karena satu orang yang bertobat.

Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia. Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, katanya: "Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka." Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya? Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira, dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan. Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan." "Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya? Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan. Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat."


RENUNGAN:

Salah satu ciri khas pengajaran Yesus adalah menggunakan perumpamaan. Melalui perumpamaan itu seseorang tidak merasa digurui, tetapi dituntut untuk menemukan kebenaran dalam pengajaran-Nya. Dalam perumpamaan tentang domba yang hilang Yesus menanggapi orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat yang tidak senang melihat banyak pemungut cukai dan orang berdosa datang kepada Yesus. Mereka tidak senang kerena merasa keselamatan yang telah mereka jaga dan pertahankan, kini seolah terbagi dan dinikmati oleh pihak-pihak lain. Yesus mau meluruskan anggapan orang-orang yang merasa diri paling benar yang berhak mendapatkan keselamatan. Sementara orang lain yang dicap jelek di masyarakat tidak bisa memperoleh kemurahan Allah.

Melalui perumpamaan, Yesus sering kali menggunakan gambaran bahasa yang mengejutkan, misalnya seorang gembala meninggalkan 99 domba untuk mencari 1 domba yang hilang. Pertanyaan kita yang sering kali muncul adalah bagaimana jika nanti yang 99 domba itu malah hilang? Jawabannya akan sama, yaitu: akan dicari oleh gembala itu. Kunci utama dari perumpamaan ini terletak pada sukacita yang berlangsung muncul dari si gembala dan mengundang teman-temannya untuk ikut berpesta. Sukacita yang unik seperti inilah yang sudah jelas dipakai Yesus untuk mengungkapkan pertobatan orang-orang berdosa. Allah sangat bahagia melihat manusia bertobat bahkan Dia sendiri pergi mencari yang sesat.

Tuhan Yesus, bersihkanlah hati kami agar mampu menerima sesama sebagai saudara. Semoga kami dengan senang hati menuntun kembali yang sesat dari jalan-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 5 NOVEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel