RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 2 NOVEMBER 2020)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 2 NOVEMBER 2020

PEKAN BIASA XXXI

HR PENGENANGAN ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN (U)

BACAAN I: 2Mak. 12:43-46

MAZMUR: 130:1-2.3-4.5-6a;

BACAAN II: 1Kor.15:12-34

BACAAN INJIL: Yoh.6:37-40

Injil Yohanes 6:37-40

Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

RENUNGAN:

Sebuah pertanyaan yang selalu ada dalam benak kita adalah: “kemana orang-orang yang sudah meninggal pegi?”. Pertanyaan ini meski sudah dijawab oleh berbagai kalangan, baik dari segi ilmu pengetahuan, psikologi, atau pun dunia klenik tatap saja tidak pernah memuaskan keingintahuan kita sebagai manusia. Di tangah kebingungan itu, Tuhan Yesus memberikan sebuah jawaban yang singkat dan jelas, yaitu: “setiap orang yang melihat Anak dan percaya kepada-Nya beroleh hidup kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman”. Kepercayaan kepada Sang Roti Hidup adalah sebuah jawaban terhadap nasib manusia setelah kematian. Yesus adalah Sang Sumber Kehidupan yang diberikan Bapa kepada dunia. 

Santo Paulus dalam keyakinan iman yang teguh mewartakan bahwa Yesus telah wafat dan bangkit. Kebangkitan Kristus adalah kunci iman kristiani dimana Allah Bapa menerima kepatuhan Yesus dalam menjalani perutusan-Nya untuk menyelamatkan umat manusia. Kebangkitan Kristus membuka paradigma baru bagi manusia tentang makna hidup dan tugas yang kita emban sebagai anak-anak Allah, dimana orang beriman tidak lagi dikuasai oleh kuasa dosa dan kematian, tetapi sungguh dihidupi oleh kuasa kebangkitan ilahi. Para murid Kristus kini menjadi anak-anak Allah yang merdeka, tidak lagi menjadi hamba dosa. Inilah yang menjadi jawaban kita terhadap orang-orang yang telah meninggal, bahwa bila dalam hidupnya ia telah menerima Kristus, ia pasti memperoleh kemurahan dan kebangkitan setelah kematian.

Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah utusan Bapa untuk menyelamatkan seluruh umat manusia. Bukalah hati kami agar kami tanpa ragu mengimani Engkau dan meneladan Engkau dalam bertutur dan bersikap. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 2 NOVEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel