RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 6 OKTOBER 2020)

Maria dan Martha


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 6 OKTOBER 2020

PEKAN BIASA XXVII (Hijau)

St. Bruno; B.Isidorus.

BACAAN I: Gal.1:13-24

MAZMUR: 139:1-3.13-14ab.14c-15

BACAAN INJIL: Luk.10:38-42

Injil LUKAS 10:38-42

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku." Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

RENUNGAN:

Maria dan Martha dalam Injil hari ini menerima Yesus yang sedang bertandang ke rumah mereka. Mereka menerima Yesus dengan ramah dan baik. Meski begitu, Yesus berharap agar Martha mengambil sikap seperti Maria yang lebih memilih untuk mendengarkan perkataan Yesus daripada sibuk melayani. Melayani itu baik, apalagi jika dilandasi dengan relasai yang mendalam dengan Tuhan. Maria memilih untuk dekat dengan Yesus dan mendengarkan perkataan-Nya. Pilihan Maria ini penting karena sabda Yesus menjadi kekuatan utama melakukan berbagai kegiatan termasuk pelayanan seperti yang dilakukan oleh Martha.

Segala kegiatan hidup harian kita, termasuk karya pelayanan kita hendaknya senantiasa dilandasi oleh kedekatan dan kesatuan kita dengan Tuhan. Landasan rohani ini penting agar segala aktivitas hidup kita senantiasa sejalan dengan kehendak Tuhan, tidak melanggar nilai-nilai iman, etika, dan moral, berani menolak berbagai macam bujukan dan tawaran yang menyesatkan, serta tangguh saat menghadapi berbagai macam kegagalan. Kemampuan kita mendengarkan bisikan suara Tuhan membuat kita melangkah secara pasti dalam perjalanan hidup kita. Maka, menyempatkan diri utnuk hening dan mendengarkan sabda Tuhan setiap hari adalah hal yang sangat penting dilakukan. Karena, bagaimana kita bisa berbuat untuk melayani, jika kita tidak mendengar dengan baik apa yang Tuhan kehendaki untuk kita buat?

Allah Yang Mahasempurna, semoga dengan kehadiran-mu dalam hidup kami setiap hari, kami dimampukan untuk menggunakan iman kami sebagai landasan dan petunjuk arah dalam berbagai aktivitas kami. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 6 OKTOBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel