RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 25 OKTOBER 2020)

renungan harian minggu 25 oktober 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 25 OKTOBER 2020

PEKAN BIASA XXX (Hijau)

Sta. Margaretha; St. Gaudensius

BACAAN I: Kel. 22:21-27

MAZMUR: 18:2-3a.3bc-4.47.51ab;

BACAAN II: 1Tes.1:5c-10

BACAAN INJIL: Mat.22:34-40

Injil Matius 22:34-40

Kasihilah Tuhan Allahmu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

RENUNGAN:

Dalam hidup bermasyarakat dan bernegara, kita tidak bisa hidup semau kita karena ada aturan yang harus kita taati bersama. Aturan-aturan dibuat tidak untuk membatasi kebebasan kita, tetapi agar kehidupan bersama teratur dan baik, hak dan kewajiban setiap pribadi terjamin. Demikian juga sebagai anak-anak Tuhan kita tidak bisa hidup semau kita. Dan pada hari ini, Yesus memberikan hukum yang harus kita taati, yaitu cinta kasih. Dengan hukum ini, kita semua diarahkan agar kita dapat membangun relasi yang baik dengan Tuhan dan sesama.

Mengasihi Tuhan dan sesama dengan sepenuh hati tidak bisa hanya diungkapkan dengan kata-kata, tetapi harus diwujudkan dengan tindakan yang nyata. Melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Tuhan dalam hidup sehari-hari tidak hanya akan membuat iman kita semakin hidup, tetapi juga pada saat yang sama kita akan lebih mudah untuk menerima orang lain, memaafkan orang yang selama ini telah menyakiti hati kita, memberikan bantuan kepada sesama yang membutuhkan tanpa memandang agama, suku, dan golongan. Jika kita mengasihi Tuhan, maka disaat yang sama kita juga harus mengasihi sesama. Sangat tidak bijaksana kita mengakui mengasihi Tuhan, tetapi membenci sesama atau mencintai sesama tetapi tidak pernah melakukan perintah Tuhan.

Allah Yang Mahakasih, sinarilah budi dan hati kami agar kami mampu mewujudkan perintah-Mu untuk mengasihi Engkau, sesama, dan lingkungan hidup kami. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 25 OKTOBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel