RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 15 SEPTEMBER 2020)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 15 SEPTEMBER  2020

PEKAN BIASA XXIII (Hijau)

PW. SP Maria Berdukacita (Putih)

BACAAN I: Ibr. 5:7-9

MAZMUR: 31:2-3a,3b-4,5-6,15-16,20

BACAAN INJIL: Yoh. 19:25-27

Injil Yohanes 19:25-27

Dan dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena. Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!" Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Inilah ibumu!" Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.

RENUNGAN:

Pada hari ini Gereja Katolik memperingati Santa Perawan Maria Berdukacita. Kita semua melihat sosok Bunda Maria dengan aneka sengsara dan dukacitanya dalam hubungannya dengan Putranya Yesus Kristus dan misteri Paskah-Nya. Oleh sebab itu, pikiran kita terarah pertama-tama kepada ramalah dari Nabi Simeon, ketika Tuhan Yesus dipersembahkan di dalam Bait Allah.

Ramalan Simeon bahwa, “sebilah pedang akan menembus jiwa” Bunda Maria terwujud dalam tujuh dukacita Bunda Maria yang erat hubungannya dengan kehidupan Yesus Kristus sendiri. Ketujuh duka Bunda Maria yang dimaksudkan adalah Nubuat Simeon tentang, pengungsian keluarga kudus di Mesir, Kanak-Kanak Yesus hilang dan diketemukan kembali di dalam Bait Allah, Bunda Maria berjumpa dengan Yesus dalam perjalanan di Kalvari, Bunda Maria berdiri di kaki salib Yesus ketika Yesus disalibkan, Bunda Maria memangku jenazah Yesus ketika diturunkan dari Salib, dan Tuhan Yesus dimakamkan.

Perayaan Bunda Maria ini mengarahkan kepada dua kata kunci, yaitu ketaatan, dan penyerahan diri. Orang yang taat adalah orang yang mampu mendengar dan menyerahkan dirinya kepada Tuhan dan sesama. Bunda Maria adalah pribadi yang taat, meskipun sudah mengetahui ramalan Nabi Simeon, dan menyerahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan. Segala duka, segala penderitaan diserahkan kepada Tuhan. Buah dari ketaatan dan penyerahan diri adalah kasih. Bunda Maria melakukannya dengan sempurna.

Bunda Maria, doakanlah kami orang berdosa ini agar belajar taat dan setia darimu. Amin  


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 15 SEPTEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel