RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 5 SEPTEMBER 2020)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 5 SEPTEMBER 2020

PEKAN BIASA XXII (HIJAU) 

Sta. Teresia dr Kalkuta

BACAAN I: 1Kor. 4:6-15

MAZMUR: 145:17-18.19-20.21

BACAAN INJIL: Luk. 6:1-5

Injil Lukas 6:1-5

Pada suatu kali Yesus berdiri di pantai danau Genesaret, sedang orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan firman Allah. Ia melihat dua perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya. Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: "Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan." Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."

RENUNGAN:

Dalam kehidupan sehari-hari ada beberapa sikap dasar dalam menyikapi adanya aturan atau kesepakatan yang mengikat kehidupan masyarakat. Tidak jarang muncul sikap berlebihan terhadap aturan, di satu pihak mau bebas tanpa aturan, dan di lain pihak menerapkan aturan lebih keras dari apa yang tertulis. Bisa juga seseorang atau kelompok menafsirkan melampaui apa yang tertulis. Oleh karena itu, Paulus mengatakan: “Jangan melampaui yang tertulis!”. Sesungguhnya sikap itu mencerminkan sebuah semangat yang keliru karena diam-diam menempatkan diri atau kelompok  lebih dari yang lain: lebih penting, lebih baik, lebih asli, dll. Godaan untuk menyombongkan diri dalam bentuk sikap “merasa paling baik atau paling taat”, selalu bisa menyelinap dalam senyap kalau tidak mawas diri terus menerus.

Sikap ekstrem yang lain adalah sikap kaku dan keras menafsirkan teks hukum atau aturan melepaskannya dari konteks dan semangat dasar yang melatari sebuah hukum dibuat. Yesus dalam Injil memberitakan arah baru, yaitu menempatkan hukum dalam konteks dan proporsinya. Pada dasarnya hukum untuk meluhurkan martabat manusia dan kejahatan bersama. “Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat”. Dengan demikian, kita belajar menjadi pribadi yang berhikmat dan bijaksana.

Paus Fransiskus mensinyair sikap yang bisa menggerogoti Gereja. Beliau mengatakan, “Sering kali kita bertindak sebagai wasit rahmat daripada sebagai fasilitatornya. Gereja bukanlah pabean, melainkan rumah Bapa, dimana ada tempat untuk setiap orang dengan segala permasalahan hidup mereka”. Kita sering kali bertindak ‘lebih Tuhan dari Tuhan’. Sikap kerendahan hati dan belajar membuka diri membuat kita semakin mampu menghadirkan sukacita Injil, sebagaimana disharingkan oleh Paulus: “Kalau kami dimaki, kami memberkati; kalau kami dianaiaya, kami sabar; kalau kami difitnah, kami tetap menjawab dengan ramah”.

Ya Yesus, berilah kami kebijaksanaan untuk memahami barbagai macam aturan hukum dan pedoman hidup dengan jerih dan lapang sehingga kami semakin memiliki kemerdekaan batin sejati. Amin  


1 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 5 SEPTEMBER 2020)"

  1. Kutipan Injil Lukas 6:1-5 diatas, tampaknya keliru dengan Injil Lukas 5:6-11.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel