RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 10 SEPTEMBER 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 10 SEPTEMBER 2020

PEKAN BIASA XXIII (Warna Liturgi Hijau)

St. Theodarus; St. Nikolaus Tolentino

BACAAN I: 1Kor. 8:1b-7.11-13

MAZMUR: 139:1-3.13-14ab.23-24

BACAAN INJIL: Luk. 6:27-38

Injil Lukas 6:27-38

"Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu. Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu. Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu. Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka. Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosapun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka. Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian. Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak. Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat. Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati." "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

RENUNGAN:

Kasih itu membangun,  “Ungkapan Santo Paulus ini sederhana, namun mendalam. Kasih teruji dalam sebuah yang dihasilkan dan selalu membawa kebaikan bagi semua. Yesus datang membawa pembaharuan dan kesempurnaan hukum yang kasih. Ajaran kasih sungguh sangat menantang dan menggugah kemampuan penghayatan praktik kesalehan yang sudah dianggap lazim. Orang bijak berkata, “Berbuat baik kepada orang yang telah berbuat baik pada kita (berbuat baik) sebelum orang lain berbuat baik kepada kita (baik hati) berbuat baik terhadap orang yang telah berbuat jahat kepada kita (murah hati). Bagi Yesus tidak cukup hidup dalam level balas budi dan baik hati tetapi kita diajak untuk sampai pada kesempurnaan kasih yang murah hati.

Hendaklah kamu murah hati sama seperti Bapamu adalah murah hati. Kasih senantiasa memberikan mata yang menembus batas apapun, seperti dikatakan oleh Paus Fransiskus “Mereka yang mengasihi menggunakan imajinasi untuk menemukan solusi manakala yang lain hanya melihat sebagai masalah. Mereka yang membantu orang lain sesuai dengan kebutuhan mereka dan dengan kreativitas bukan dengan ide yang sudah terbentuk sebelumnya atau konsepsi umum”.

Tuhan Yesus Kristus, berilah kami hati yang murni agar kami bermurah hati kepadamu dan kepada sesama. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 10 SEPTEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel