RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 2 OKTOBER 2020)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 2 OKTOBER 2020

PEKAN BIASA XXVI

Pw. Para Malaikat Pelindung (Putih)

BACAAN I: Kel. 23:20-23a

MAZMUR: 91:1-2.3-4.5-6.10-11

BACAAN INJIL: Mat. 18:1-5.10

Injil Matius 18:1-5.10

Setelah Yesus turun dari bukit, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku." Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya. Lalu Yesus berkata kepadanya: "Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka." Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.

RENUNGAN:

Pada hari ini kita merayakan pesta para utusan Tuhan yang melindungi kita umat manusia. Kita dapat menemukan kisah tentang mereka sepanjang Kitab Suci. Para malaikat menyampaikan pesan-pesan dari Tuhan, melindungi manusia dari mara-bahaya serta menyelamatkannya. Di dalam Perjanjian Baru, Kitab Kisah Para Rasul bab 12 dikisahkan bagaimana St. Petrus dibimbing oleh seorang malaikat untuk meloloskan diri dari penjara. Telah berabad-abad lamanya umat kristiani pecaya bahwa kita masing-masing mempunyai seorang malaikat pelindung.

Gambaran malaikat pelindung, yang paling sering kita jumpai adalah gambar seorang malaikat yang sedang melindungi anak kecil yang sedang berjalan menyebrangi sebuah jembatan keci. Pada tahun 1608, Paus Paulus V menambahkan Pesta Para Malaikat Pelindung ke dalam penggalan para kudus dan pesta gerejani. Mengetahui serta mengimani bahwa kita masing-masing mempunyai seorang malaikat pelindung yang melindungi kita, sungguh sangat membesarkan hati. Malaikat pelindung kita adalah hadiah dari Tuhan yang penuh belas kasih.

Malaikat Allah, engkau yang diutus Tuhan untuk melindungi kami; Terangilah, lindungilah, dan bimbinglah kami ke jalan, kebenaran, dan hidup yang ditunjukan Kristus. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 2 OKTOBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel