RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 10 AGUSTUS 2020)

 

RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 10 AGUSTUS 2020

PEKAN BIASA XIX (WARNA LITURGI MERAH)

Pesta St. Laurensius Diakon dan Martir

BACAAN I: 2Kor. 9:6-10

MAZMUR: 112:1-2.5-9

BACAAN INJIL: Yoh. 12:24-26

Injil Yohanes 12:24-26

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal. Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.


RENUNGAN:

“Jika biji gandum tidak jatuh ketanah dan mati, ia tetap satu saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah”.  Gambaran tentang biji gandum tentunya berlaku juga untuk Santo Laurensius, seorang Diakon Gereja awal, dibunuh sebagai martir Kristus pada masa pengejaran Kaisar Valerian tahun 258M. Memang ayat ini berlaku untuk para martir, namun tetap relevan untuk kita semua. Catatan tradisi abad ke-4 menceritakan tentang tanggapan berarti dari Santo Laurensius terhadap permintaan antek-antek Valerian untuk memberikan harta kekayaan Gereja. Dikisahkan bahwa keesokan harinya, Laurensius muncul dengan banyak sekali orang miskin dan cacat dari Kota Roma- semua yang dilayani oleh Diakon Laurensius. Dihadapan para pejabat kekaisaran, Laurensisus menyatakan: “Inilah harta kekayaan Gereja”. Karena ‘keberanian’ ini, Laurensius dibakar hidup-hidup.

Jika darah para martir merupakan benih bagi Gereja, dimana tempat kita sekarang? Tidak terlalu banyak dari kita akan dipanggil oleh-Nya untuk menumpahkan darah sebagai martir Kristus. Dengan demikian, bagaimana kita dapat membantu Gereja untuk berakar dan bertumbuh? Jawabannya: dengan sukarela merangkul ‘kemartiran’ kecil-kecilan sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Apabila kita memilih untuk menyangkal atau mengesampingkan diri kita sendiri untuk menolong orang lain, atau ketika memutuskan untuk berdiri tegak demi Injil Yesus Kristus, maka kita juga dapat dikatakan bergabung dengan para martir seperti Laurensius. Kita ikut ambil bagian dalam kurban Yesus bagi dunia. Kita juga sungguh dapat berbuah bagi Kerajaan Allah.

Ya Tuhan Yesus, tolonglah kami agar mau dan mampu untuk memilih mengikuti Engkau dengan sepenuh hati. Amin    


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 10 AGUSTUS 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel