RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 9 AGUSTUS 2020)

 

RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 9 AGUSTUS 2020

PEKAN BIASA XIX (Warna Liturgi HIJAU)

BACAAN I: 1Raj.19:9a.11-13a

MAZMUR: 85:9ab-10.11-12.13-14

BACAAN II: Rm.9:1-5

BACAAN INJIL: Mat. 14:22-33


Injil Matius 14:22-33

Sesudah itu Yesus segera memerintahkan murid-murid-Nya naik ke perahu dan mendahului-Nya ke seberang, sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang. Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ. Perahu murid-murid-Nya sudah beberapa mil jauhnya dari pantai dan diombang-ambingkan gelombang, karena angin sakal. Kira-kira jam tiga malam datanglah Yesus kepada mereka berjalan di atas air. Ketika murid-murid-Nya melihat Dia berjalan di atas air, mereka terkejut dan berseru: "Itu hantu!," lalu berteriak-teriak karena takut. Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!" Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air." Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus. Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!" Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?" Lalu mereka naik ke perahu dan anginpun redalah. Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau Anak Allah."

RENUNGAN:

Membantu atau menolong sesama yang membutuhkan pertolongan adalah kewajiban kita semua sebagai makhluk sosial sebagai orang beriman, pengikut Tuhan Yesus Kristus. Tetapi dalam kenyataan sehari-hari masih sering terdengar ungkapan bahwa karena mereka bukan golongan kita, tidak seagama dengan kita, atau mereka bukan sebangsa atau sesuku dengan kita, maka biarkan saja. Lalu kita harus bersikap bagaimana menghadapi kenyataan itu?

Orang-orang yang selalu mengikuti Yesus bermacam-macam golongan dan bisa jadi dari tempat yang jauh, itu yang membuat hati Yesus tergerak oleh belas kasihan. Menempuh perjalanan jauh, mereka lelah dan lapar. Maka dari itu Yesus berkata kepada para murid-Nya; “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan”. Jelas dan tegas apa yang dikatakan Yesus. Sebagai murid, walaupun punya alasan dan mereka ungkapkan tetaplah mereka harus ‘memberi mereka makan’. Yang diandalkan bukan apa yang mereka punya (lima roti dan dua ikan), melainkan bersama dan bersatu dengan Tuhan Yesus. Percayalah bahwa segala sesuatu jika Tuhan menghendaki pasti terlaksana. Maka, marilah hendaknya segala perkara kita atasi dalam kebersamaan dan kesatuan dengan Tuhan Yesus Kristus.

Ya Tuhan Allah, berilah kami keyakinan yang teguh bahwa dengan kuasa-Mu, kami dapat menolong sesama. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 9 AGUSTUS 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel