RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 21 AGUSTUS 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 21 AGUSTUS 2020

PEKAN BIASA XX

PW. SP Maria, Ratu. PW. St. Pius X (PUTIH)

BACAAN I: Yeh.37:1-14

MAZMUR: 107:2-3.4-5.6-7

BACAAN INJIL: Mat.22:34-40

Injil Matius 22:34-40

Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

RENUNGAN:

Tuhan Yesus menegaskan kepada kita bahwa dasar segala hukum adalah kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama. Maka, bila orang mengusahakan perwujudan kasih itu, sebetulnya hukum tidak diperlukan. Yang Namanya hukum, adat, dan peraturan itu adalah untuk membantu, sedangkan kasih sendiri hatus terus menerus berlaku sepanjang waktu. Kemudian, amat baiklah di indahkan bahwa bukan hanya rumusan hukumnya yang harus diperhatikan tetapi juga suasana dan praktik yang mendukungnya. Jangan sampai kita berhenti pada rumusan, tetapi lupa pada inti persoalannya. Memberdayakan kasih dalam hidup rasanya menjadi tuntutan dasar hidup bersama. Maka sangat perlu dan dibutuhkan bagaimana hal itu dilatih dalam keluarga, kelompok basis, dan lingkungan kita.

Bila kita hendak melakasanakan ajaran kasih dalam setiap aturan atau perintah mungkin saja kita merasa tidak mampu melakukannya karena menyadari kelemahan diri kita. Tetapi, kalau kita percaya pada Tuhan, niscaya kita akan dikuatkan dan dimampukan oleh Roh-Nya untuk menjalankannya. Maka, yang harus menjadi dasar kekuatan kita bukan kehebatan, melainkan kekuatan yang berasal dari Tuhan Allah. Kesetiaan kita melakukan sembah bakti doa adalah prasyarat lain agar kita mampu menjadi penyalur kasih Allah kepada sesama. 

Ya Tuhan Allah, kami percaya akan kekuatan-Mu yang mendorong dan memampukan kami dalam menjalankan perintah kasih-Mu. Amin   


0 Response to " RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 21 AGUSTUS 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel