RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 04 JULI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SABTU, 04 JULI 2020
PEKAN BIASA XIII (WARNA LITURGI HIJAU) 

Sta. Elisabeth dr Portugal; St. Ulrich
BACAAN I: Am. 9:11-15
MAZMUR: 85:8.11-12.13-14
BACAAN INJIL: Mat. 9:14-17

Injil Matius 9:14-17
Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya. Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya."

RENUNGAN:
Keselamatan umat-Nya adalah hal utama dari janji Tuhan. Keruntuhan ‘pondok’ Daud akan dibangun kembali. Mereka mendiami tanah kediamannya. Itulah janji yang Tuhan berikan dan genapi-Nya. Waktu pemenuhan janji itu akan tiba dimana umat-Nya sungguh ‘mengelola’ secara merdeka tanah yang dijanjikan Tuhan Allah mereka: “.....membangun kota.... mendiaminya,....menanami kebun-kebun anggur”.
Kasih dan kesetiaan itu mungkin terjadi bila umat sungguh hidup dalam tuntutan Roh Allah. Roh Allah yang berdiam dalam diri mereka bukan Roh kedagingan. Paulus menyadari betul peran Roh Allah yang menjadikan mereka anak-anak Allah dan menghidupkan. Matius menyadari bahwa ‘semangat lama’ ugahari (asketis) klasik seperti berpuasa yang dilakukan orang farisi perlu diletakan pada konteks yang tepat. Suatu pembaruan batin yang disemangati oleh Roh Yesus menjadi mutlak perlu untuk keluar dari ‘kantong lama’ yang sudah usang dan mudah hancur. Karena Yesus, Si Mempelai Laki-Laki itu ada bersama mereka untuk membawa era baru keselamatan yang tak tinggal pada ‘kulit lama’, namun ‘wadah baru’ yang mampu membuat Roh keselamatan dan ‘tampilan’ yang baru sesuai konteks zaman.
Ya Tuhan, semoga Roh Kristus Yesus senantiasa menaungi kami agar kami setia dan taat pada-Mu. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 04 JULI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel