RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 05 JULI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
MINGGU, 05 JULI 2020
PEKAN BIASA XIV (Warna Liturgi HIJAU)
St. Antonius Maria Zakaria

BACAAN I: Za. 9:9-10
MAZMUR: 145:1-2.8-9.10-11.13cd-14
BACAAN II: Rm. 8:9.11-13
BACAAN INJIL: Mat. 11:25-30

Injil Matius 11:25-30
Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

RENUNGAN:
Zakaria mengatakan kedatangan Raja damai yang membawa keadilan dengan karakter yang lemah lebut. Dia yang suka kedamaian diberitakannya kepada semua bangsa dari “Efrat sampai ke ujung bumi” (Za.9:10). Jadi, Roh Allah memungkinkan damai yang sungguh berbeda dengan roh kedagingan yang membawa maut dan bukan kehidupan. Roh Kristus itu perlu dimiliki oleh mereka yang sungguh mengimani-Nya.
Yesus sungguh menyadari berapa ungkapan syukur pantas bagi mereka yang dipandang sebelah mata, orang kecil bagi dunia. Namun, mereka dijadikan teladan bagi orang-orang yang “letih lesu” (Mat. 11:28), agar dilegakan karena mau belajar dari Tuhan yang memberikan ‘kelegaan’. Seperti Yesus yang tidak pernah lupa untuk bersyukur, kita sebagai orang beriman harus juga melakukan hal yang sama, yaitu bersyukur atas karya luhur-Nya bagi orang kecil. Rencana Tuhan bagi mereka yang terbuka kepada-Nya dan mau ikut tuntunan-Nya dalam hidup sebagai anak-anak Allah.
Tuhan, mampukan kami meneladan Yesus yang senantiasa siap melaksanakan kehendak-Mu dimanapun kami berada. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 05 JULI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel