RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 10 JULI 2020)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK
JUMAT, 10 JULI 2020
PEKAN BIASA XIV (WARNA LITURGI HIJAU)

Pesta St. Tomas, Rasul
BACAAN I: Hos. 14:2-10
MAZMUR: 51:3-4.8-9.12-13
BACAAN INJIL: Mat.10:16-23

Injil Matius 10:16-23
 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

RENUNGAN:
“Bertobatlah, hai Israel...” Israel menyadari kesalahannya bahwa: Asyur bukanlah penyelamat mereka, melainkan Tuhan. Tuhan bukanlah buatan tangan mereka. Tuhan yang memperhatikan dan mengampuni kesalahan ‘fatal umatnya’. “Akulah yang menjawab dan memperhatikan engkau!”. “Hanya Tuhanlah yang mampu mentahirkan hati yang kotor karena dosa. Tuhanlah yang melayakan manusia bagi-Nya”.
Kesadaran akan ‘kelayakan’ hanya oleh Tuhan perlu disadari oleh pengikut Yesus. Kesaksian mereka atas iman pada Yesus mesti bersumber pada kekuatan Tuhan, bukan pada kekuatan diri semata. Roh Allah-lah yang menuntun setiap perutusan para rasul-Nya. Karena tak perlu khawatir atas segala bahaya dan rintangan yang akan dihadapi. Tuhan menjadi jaminan kesuksesan perutusan mereka.
Tuhan, seringkali kami merasa hebat dan tak memerlukan Engkau lagi, namun ternyata kami sesat. Tuntunlah kami untuk kembali menyadarkan perutusan kami sebagai saksi-Mu pada kekuatan Roh-Mu yang menyelamatkan. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 10 JULI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel