RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 18 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
KAMIS, 18 JUNI 2020
PEKAN BIASA XI (Warna Liturgi HIJAU)

St. Leontinus; St. Hipatius
BACAAN I: Sir. 48:1-14
MAZMUR: 97:1-2.3-4.5-6.7
BACAAN INJIL: Mat. 6:7-15

Injil Matius 6:7-15
Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.) Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

RENUNGAN:
Dalam sebuah seminar tentang meningkatkan hidup rohani di suatu paroki, seorang ibu bertanya, “Bagaimana berdoa yang baik dan benar?” Dia sudah berusaha berdoa dengan baik, tetapi rasanya Tuhan belum menjawab doa-doanya itu, sehingga dia berpikir bahwa dia belum berdoa dengan baik dan benar.
Perikop ini merupakan bagian dari khotbah dan pengajaran Yesus di bukit kepada para murid-Nya. Di bagian ini, Yesus mengajarkan mereka tips berdoa yang baik dan benar. Jangan mengucapkan doa panjang-panjang. Mengenali Allah sebagai Allah Yang Mahabaik, Murah Hati dan Maharahim. Percayalah bahwa Bapa sudah mengetahui sebelum kita memintanya. Kemudian Yesus memberikan contoh doa yang baik dengan mengajari mereka Doa Bapa Kami.
Tips doa itu diakhiri dengan sikap mau mengampuni kesalahan sesama seperti Bapa yang selalu mengampuni kesalahan kita umat manusia. Mari kita buka hati, agar Roh Kudus yang membimbing bagaimana kita berdoa.
Tuhan Yesus Kristus, bimbinglah kami dengan Roh-Mu dan mampukanlah kami untuk tetap tekun berdoa, memuji dan memuliakan Bapa disurga dalam nama-Mu. Teguhkanlah iman kami kepada Allah Tritunggal Yang Mahakudus. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 18 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel