RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 26 JUNI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
JUMAT, 26 JUNI 2020
PEKAN BIASA XII (WARNA LITURGI HIJAU)

Sta. Maria Magdalena; St. Yohanes dan Paulus
BACAAN I: 2Raj. 25:1-12
MAZMUR: 137:1-2.3.4-5.6
BACAAN INJIL: Mat. 8:1-4

Injil Matius 8:1-4
Setelah Yesus turun dari bukit, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku." Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya. Lalu Yesus berkata kepadanya: "Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka."

RENUNGAN:
“Ketika membaca dan merenungkan firman Tuhan ini, muncul perasaan kagum yang luar biasa terhadap Yesus, Sang Guru, yang saya imani”, demikian kata seorang imam dalam sebuah sharing iman antar sesama imam. ‘Saya bangga dan berterima kasih kepada-Nya karena Dia telah memanggil dan melibatkan saya dalam karya-Nya’, lanjut imam itu.
Mengapa imam tersebut merasa kagum, bangga, dan dipenuhi perasaan yang luar biasa? Ternyata melalui kisah “orang kusta yang disembuhkan itu”, Yesus tidak hanya sebatas menyembuhkan sakit fisik penyakit kusta. Tetapi si kusta juga disembuhkan dari sakit sosial, diterima kembali ditengah masyarakat dan dari sakit rohani dalam relasi pribadi dengan Tuhan. Teks menunjukan bahwa ia menjadi tahir, memperlihatkan dirinya kepada para imam, dan mempersembahkan persembahan kepada Tuhan sesuai apa yang diperintahkan oleh Musa. Mari kita saling menyembuhkan dari ketiga jenis penyakit ini mulai dari diri sendiri, didalam keluarga, komunitas, kelompok, dan ditengah masyarakat.
Tuhan Yesus Kristus, Engkau tabib sejati kami. Bukalah mata hati kami agar kami pun berani berseru kepada-Mu “tahirkanlah tubuh, jiwa, dan pikiran kami”. Amin   

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 26 JUNI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel