RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 24 MEI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
MINGGU, 24 MEI 2020
OKTAF PASKAH VII (Warna Liturgi PUTIH)

Hari Minggu Komunikasi Sedunia
BACAAN I: Kis. 1:12-14
MAZMUR: 27:1.4.7-8a
BACAAN II: 1Ptr. 4:13-16
BACAAN INJIL: Yoh. 17:1-11a

Injil Yohanes 17:1-11a
Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada. Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu. Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu. Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

RENUNGAN:
Karya Allah yang paling besar adalah penebusan oleh Kristus, Putra Tunggal-Nya. Seluruh umat manusia di dunia ini telah ditebus oleh Kristus. Tetapi, tidak semua orang mengimani dan mengamini penebusan itu. Akibatnya, banyak orang yang berfikir bahwa jasa-jasa pribadi mereka sendirilah yang membuat mereka masuk dalam kehidupan kekal. Padahal, hidup kekal itu pertama-tama merupakan anugerah ilahi, bukan terutama hasil dari usaha manusia. Begitu banyak orang salah jalan, salah memahami, salah mengerti, salah mengambil keputusan, karena kurang mengenal Allah. Itulah sebabnya, Yesus menyatakan bahwa hidup kekal itu dialami oleh mereka yang mengenal satu-satunya Allah yang benar dan mengenal Kristus yang telah diutus Allah. 
“Mengapa kita harus berbuat baik, berbuat kasih, dan harus berbuat benar? Bukankah itu akan menjadi sia-sia?”. Tidaklah demikian. Perbuatan-perbuatan baik, kesalehan, amal kasih, dan doa-doa kita merupakan ungkapan batin kita bahwa kita telah ditebus, bahwa kita telah masuk dalam hidup kekal itu. Jika kita sungguh mengerti misteri hidup seperti ini, maka hidup kita masing-masing akan menjadi persembahan syukur yang tiada hentinya. Dengan demikian, bumi akan menjadi tempat bagi orang-orang untuk saling mempersembahkan diri sebagai ungkapan syukur atas rahmat penebusan dan hidup kekal itu. 
Ya Bapa, terimalah semua arwah orang beriman dalam kehidupan kekal. Amin   

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 24 MEI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel