RENUNGAN HARIAN (SELASA, 21 APRIL 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SELASA, 21 APRIL 2020
PEKAN II PASKAH (Warna Liturgi PUTIH)

St. Anselmus; St. Simon
BACAAN I: Kis. 4:32-37
MAZMUR: 93:1ab.1c-2.5
BACAAN INJIL: Yoh. 3:7-15

Injil Yohanes. 3:7-15
Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh." Nikodemus menjawab, katanya: "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?" Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami. Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi? Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

RENUNGAN:
Kita sering tenggelam dalam pekerjaan dan kesibukan sehari-hari. Akibatnya kita lupa bahwa yang kita nikmati sehari-hari diberikan Tuhan. Ada orang yang merasa tidak enak karena tidak bisa memberikan hadiah kepada orang lain, padahal banyak yang lebih bernilai untuk kita bagikan. Kumpulan para pengikut Kristus dikisahkan oleh penulis Kisah Para Rasul, hidup sehati dan sejiwa, dan segala sesuatu adalah kepunyaan bersama. Kebersamaan yang indah seperti itu tidak terbatas pada saling berbagi barang atau benda, tetapi juga berbagi “kasih karunia yang berlimpah-limpah”. Mungkin melalui gambar kehidupan Gereja seperi itu, kita dapat mengerti apa yang dimaksudkan Yesus dengan “hal-hal surgawi” ketika berbicara dengan Nikodemus.
Kesejahteraan yang kita upayakan bersama sebagai anggota masyarakat masih perlu dilengkapi dengan usaha memenuhi kesejahteraan rohani dalam kebersamaan iman. Dengan kata lain, kita perlu peduli pada kebutuhan rohani orang lain, yang tidak dapat dipenuhi dengan barang atau juga uang. Apakah kita merasa tidak cukup bila hanya mampu memberikan doa dan dukungan kepada orang lain? Kalau hal itu kita berikan dengan tulus dan sepenuh hati, maka niscaya kasih karunia Tuhan akan berlimpah untuk kita.
Bapa Yang Mahamurah, melalui sabda Yesus, Engkau menghendaki agar Gereja dapat berbagi hal surgawi. Semoga kami selalu ingat untuk mendoakan dunia ini agar mengalami damai yang sejati. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SELASA, 21 APRIL 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel