RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 01 MEI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
JUMAT, 01 MEI 2020
PEKAN III PASKAH (Warna Liturgi PUTIH)

St. Yusuf Pekerja; St. Yeremia
BACAAN I: Kis. 9:1-20
MAZMUR: 117:1-2.Mrk: 16:15
BACAAN INJIL: Yoh. 6:52-59

Injil Yohanes. 6:52-59
Orang-orang Yahudi bertengkar antara sesama mereka dan berkata: "Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan." Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku. Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya." Semuanya ini dikatakan Yesus di Kapernaum ketika Ia mengajar di rumah ibadat.

RENUNGAN:
Yesus menawarkan diri-Nya sebagai makanan. Menyantap Tubuh Yesus adalah tindakan sakramental. Artinya kita menyantap seluruh peristiwa Yesus: pengajaran-Nya, tindakan-Nya, hidup-Nya, karya-Nya, penderitaan-Nya, Wafat-Nya, dan kebangkitan-Nya. Saat menyambut komuni kudus kita mengalami kesatuan dengan-Nya. Berkat kesatuan itu kita mengalami juga persatuan dengan Bapa. Sebagaimana Yesus menjadi manusia benar dihadapan Bapa, demikian kita menjadi manusia benar dihadapan Bapa, menjadi manusia yang hidup bersama dengan Bapa.
Salah satu ciri atau karakter orang yang mengalami persatuan dengan Yesus adalah kecintaannya akan communio atau persekutuan. Sangat ironis kalau seseorang yang mengamini Tubuh Kristus saat komuni, tetapi enggan bersekutu atau berkomunitas. Karena Tubuh Kristus yang kita sambut mengundang kita untuk membangun persekutuan.
Hidup menggereja tidak hanya sebuah panggilan untuk mengusahakan kekudusan pribadi atau untuk kejar komuni. Akan tetapi, kita juga dipanggil untuk membangun Tubuh Mistik Kristus. Saat kita mengucapkan “amin” untuk Tubuh Kristus yang kita terima, maka sebuah serentak kita mengaminkan tanggung jawab untuk membangun Tubuh Mistik Kristus, misalnya dengan melibatkan diri dalam persekutuan lingkungan, komunitas, wilayah rohani, atau dalam bentuk lainnya. Sebab pada hakikatnya kekristenan adalah persekutuan.
Ya Bapa, kami megucap syukur atas rezeki rohani yaitu Yesus Kristus, Putera-Mu yang menjadi santapan jasmani dan rohani kami. Semoga seluruh gerak dan langkah hidup kami bersumber hanya dari pada-Nya. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 01 MEI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel