PESAN PASKAH PAUS FRANSISKUS


PAUS FRANCIS MENYAMPAIKAN PESAN 'URBI ET ORBI' 
HARI MINGGU PASKAH, 12 APRIL 2020
"PENULARAN HARAPAN"




“Penularan” yang berbeda
Jutaan orang menyaksikan dan mendengarkan di berbagai platform media ketika Paus mengulangi proklamasi Paskah: “Kristus, harapanku, telah bangkit!”. Dia menyebut pesan ini "berbeda" penularan ", yang ditularkan" dari hati ke hati ".

Kabar Baik ini seperti nyala api baru yang muncul "di malam dunia yang sudah dihadapkan dengan tantangan zaman, dan sekarang ditindas oleh pandemi yang sangat menguji seluruh keluarga manusia kita", kata Paus.

Kebangkitan Kristus bukanlah "formula ajaib yang membuat masalah hilang", lanjutnya, "itu adalah kemenangan cinta atas akar kejahatan". Kemenangan ini "tidak memotong dan mati demi kematian, tetapi melewati mereka, membuka jalan di jurang, mengubah kejahatan menjadi kebaikan," tambahnya.

Kenyamanan bagi mereka yang terkena coronavirus
Pikiran Paus segera beralih ke yang secara langsung terkena dampak coronavirus. "Bagi banyak orang, ini adalah hari Paskah yang sunyi, hidup di tengah kesedihan dan kesulitan yang disebabkan pandemi, dari penderitaan fisik hingga kesulitan ekonomi," katanya.

“Penyakit ini tidak hanya menghilangkan kedekatan manusia dengan kita, tetapi juga kemungkinan menerima penghiburan yang mengalir dari sakramen-sakramen, khususnya Ekaristi dan Rekonsiliasi”, kata Paus Francis.

“Tetapi Tuhan tidak meninggalkan kita sendirian,” tambahnya. “Bersatu dalam doa kita, kita yakin bahwa Dia telah meletakkan tangan-Nya ke atas kita”.

Terima kasih kepada mereka yang menyediakan layanan penting
Paus kemudian menyatakan terima kasih dan kasih sayangnya kepada para dokter dan perawat, dan "kepada semua yang bekerja dengan rajin untuk menjamin layanan penting yang diperlukan untuk masyarakat sipil, dan kepada penegak hukum dan personil militer yang di banyak negara telah membantu meringankan kesulitan dan penderitaan orang-orang" .

Dorongan untuk bekerja demi kebaikan bersama
Paus Fransiskus mengakui bahwa "ini juga merupakan masa kekhawatiran tentang masa depan yang tidak pasti, tentang pekerjaan yang berisiko". Dia mendorong para pemimpin politik "untuk bekerja secara aktif demi kebaikan bersama", menyediakan sarana "untuk memungkinkan setiap orang menjalani kehidupan yang bermartabat dan, ketika keadaan memungkinkan, untuk membantu mereka dalam melanjutkan kegiatan normal sehari-hari mereka".

Bukan waktu untuk ketidakpedulian
Ini bukan waktu untuk ketidakpedulian, kata Paus, "karena seluruh dunia menderita dan perlu bersatu dalam menghadapi pandemi". Dia berdoa agar Yesus yang bangkit dapat memberikan harapan "kepada semua orang miskin, bagi mereka yang hidup di pinggiran, untuk para pengungsi dan tunawisma". Paus Francis juga menyerukan pelonggaran sanksi internasional dan untuk "pengurangan, jika bukan pengampunan, dari hutang yang membebani neraca negara-negara termiskin".

Bukan waktu untuk mementingkan diri sendiri
Ini bukan waktu untuk mementingkan diri sendiri, lanjut Paus Francis, karena "tantangan yang kita hadapi dibagi oleh semua orang". Eropa, khususnya, mampu "mengatasi persaingan masa lalu" setelah Perang Dunia Kedua, "berkat semangat solidaritas yang konkret". Sangat mendesak "persaingan ini tidak mendapatkan kembali kekuatan", Paus melanjutkan. Kita semua perlu mengenali diri kita “sebagai bagian dari satu keluarga dan saling mendukung”. Dengan egois mengejar kepentingan tertentu berisiko "merusak koeksistensi damai dan pengembangan generasi masa depan", tambahnya.
Bukan waktu untuk pembagian
Ini bukan waktu untuk perpecahan, kata Paus, ketika ia memohon untuk "gencatan senjata global langsung di semua penjuru dunia". Mengkritik banyaknya uang yang dihabiskan untuk perdagangan senjata, Paus Francis menyerukan solusi untuk konflik yang sedang berlangsung di Suriah, Yaman, Irak dan Libanon. Dia mengatakan dia berharap orang Israel dan Palestina dapat melanjutkan dialog, bahwa situasi di Ukraina timur dapat diselesaikan, dan bahwa "serangan teroris dilakukan terhadap begitu banyak orang tak berdosa di berbagai negara Afrika mungkin akan berakhir".

Bukan waktu untuk pelupa
Ini bukan saatnya untuk melupakan, lanjut Paus Francis, merujuk pada krisis kemanusiaan yang sedang dihadapi di Asia dan Afrika. Dia berdoa untuk para pengungsi dan migran “hidup dalam kondisi yang tak tertahankan, terutama di Libya dan di perbatasan antara Yunani dan Turki”. Paus juga berdoa agar solusinya dapat ditemukan di Venezuela, memungkinkan "bantuan internasional untuk populasi yang menderita dari situasi politik, sosial-ekonomi dan kesehatan yang parah" di sana.

Kristus menghalau kegelapan penderitaan
“Ketidakpedulian, egoisme, perpecahan, dan kelupaan bukanlah kata-kata yang ingin kita dengar saat ini,” kata Paus. Kata-kata ini "tampaknya menang ketika ketakutan dan kematian menguasai kita", dan kami ingin melarang mereka selamanya, tambahnya.

Paus Fransiskus mengakhiri pesan Urbi et Orbi dengan sebuah doa: “Semoga Kristus, yang telah mengalahkan maut dan membuka bagi kita jalan menuju keselamatan kekal, menghilangkan kegelapan umat manusia yang menderita dan membawa kita ke dalam terang hari mulia-Nya. Hari yang tidak mengenal akhir ”

0 Response to "PESAN PASKAH PAUS FRANSISKUS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel