DAMPAK VIRUS CORONA, PERAYAAN EKARISTI PASKAH 2020 DI TIADAKAN


DAMPAK VIRUS CORONA, PERAYAAN EKARISTI PASKAH 2020 DI TIADAKAN

Kekecewaan muncul dari semua umat beriman Katolik di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan perayaan Ekaristi Tri Hari Suci dan masa Paskah 2020 ditiadakan. Mengingat akan situasi dan kondisi yang sedang terjadi akan wabah virus Corona, maka Bapak Paus Fransiskus dan beserta Hirarkinya menyatakan dalam hal perayaan pekan suci dimasa ini tidak mungkin untuk dilaksanakan. 
Menerapkan masa darurat Gereja terhitung tanggal 25 Maret s/d 30 April 2020, atau sampai ada kebijakan baru, maka kegiatan kegerejaan diatur sebagai berikut:
  1. Perayaan Ekaristi dengan kehadiran umat baik di gereja, kapel, stasi, biara maupun lingkungan ditiadakan
  2. Perayaan Pekan Suci dan Tri Hari suci diaksanakan hanya di Gereja Katedral dan Gereja Paroki tanpa kehadiran umat
  3. Umat dapat melaksanakan dan mengikuti Ekaristi melalui Live Streaming.

Keputusan ini bersifat menyeluruh untuk seluruh umat Katolik di Indonesia maupun dunia. 
Sangat menyedihkan memang, masa Paskah tahun 2020 ini tidak dapat di laksanakan secara langsung di gereja. Dengan adanya wabah virus Corona yang sangat membuat dunia menjadi panik dengan penyebaran yang sangat cepat dan berbahaya maka keputusan ini harus dibuat dan dijalankan. Akan tetapi kita juga masih bisa mengikuti Ekaristi suci dengan menggunakan Handphone ataupun Laptop. Dengan koneksi Internet kita dapat mengikuti kegiatan Ekaristi dengan lengkap. 

Memang hal ini kurang efektif, mengingat tidak semua orang tua menguasai Internet dan Hanphone Android. Selain itu juga tidak semua jaringan Internet dapat berjalan baik dan stabil. Tidak ada cara lain memang untuk memecahkan permasalahan ini, tetapi bagaimanapun juga kita yang masih muda, harus dapat membantu orang tua kita yang kesusahan dalam hal teknologi. 

Semoga keputusan ini dapat menjadi yang terbaik bagi keselamatan dan kebaikan kita semua. Semoga semua dapat mengikuti Ekaristi Pekan Suci masa Paskah dengan damai. Bersama Bunda Maria kita memohon perlindungan agar Tuhan menlindungi kita, menjaga kita dari segala bahaya,.Dan semoga dimasa Paskah ini, bumi kita yang sedang sakit dapat lekas sembuh kembali. Amin

0 Response to "DAMPAK VIRUS CORONA, PERAYAAN EKARISTI PASKAH 2020 DI TIADAKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel