RENUNGAN HARIAN (SABTU, 15 FEBRUARI 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
SABTU, 15 FEBRUARI 2020
PEKAN BIASA V (Warna Liturgi Hijau)

St. Klaudius; St. Sigfridus
BACAAN I: 1Raj. 12:26-32;13:33-34
MAZMUR: 106:6-7a.19-20.21-22
BACAAN INJIL: Mrk. 8:1-10

Injil Markus 8:1-10
Pada waktu itu ada pula orang banyak di situ yang besar jumlahnya, dan karena mereka tidak mempunyai makanan, Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Dan jika mereka Kusuruh pulang ke rumahnya dengan lapar, mereka akan rebah di jalan, sebab ada yang datang dari jauh." Murid-murid-Nya menjawab: "Bagaimana di tempat yang sunyi ini orang dapat memberi mereka roti sampai kenyang?" Yesus bertanya kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" Jawab mereka: "Tujuh." Lalu Ia menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya untuk dibagi-bagikan, dan mereka memberikannya kepada orang banyak. Mereka juga mempunyai beberapa ikan, dan sesudah mengucap berkat atasnya, Ia menyuruh supaya ikan itu juga dibagi-bagikan. Dan mereka makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, sebanyak tujuh bakul. Mereka itu ada kira-kira empat ribu orang. Lalu Yesus menyuruh mereka pulang. Ia segera naik ke perahu dengan murid-murid-Nya dan bertolak ke daerah Dalmanuta.

BACA JUGA:
. PENGERTIAN ALLAH TRI TUNGGAL

RENUNGAN:
Kisah Yesus mengandalkan tujuh roti dan dua ikan untuk empat ribu orang bukan sekeder mukjizat pergandaan, melaikan ingin mendidik para murid untuk menjadi orang yang tanggap, peduli, dan berbelas kasih. Pergandaan roti dan ikan memberikan isyarat kasih yang ingin ditanamkan Yesus. Sangat berbeda dengan kisah dalam perjanjian lama dalam bacaan yang pertama hari ini, bahwa Yerobeam menggandakan patung lembu untuk menjauhkan kasih Allah kepada umatnya agar tidak ke Yerusalem melainkan menyembah allah lain dalam rupa patung-patung sapi dari emas.
Dengan menegaskan bahwa para murid harus memberi makan kepada orang banyak, Yesus mendidik bahwa memberi merupakan wujud kasih dan wujud dari kehendak Allah yang hidup. Yesus menyatakan bahwa orang banyak itu perlu makan karena mereka datang dari jauh dan tidak pergi dengan perut lapar.
Pendidikan kemuridan yang ditawarkan Yesus adalah pendidikan kemuridan bagi kaum beriman jaman sekarang. Menghayati hidup keagamaan yang benar sebagai orang beriman tidak menyembah ornamen-ornamen suci bahkan terbuat dari emas, melainkan menyembah Allah yang hidup. menyembah Allah yang hidup sebagai seorang murid terungkap dalam tindakan berbagi, perduli, menolong, memberi makan kepada yang lapar, dan lainnya.
Ya Yesus, jauhkanlah kami dari hati yang beku dan gerakkanlah hati kami agar kami mau berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SABTU, 15 FEBRUARI 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel