RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 01 MARET 2020)

RENUNGAN HARIAN KATOLIK
MINGGU, 01 MARET 2020
PEKAN I PRAPASKAH (Warna Liturgi Ungu)

St. Feliks; St. David; Sta Magdalena
BACAAN I: Kej. 2:7-9; 3:1-7
MAZMUR: 51:3-4.5-6a.12-13.14.17
BACAAN II: Rm 5:12-19
BACAAN INJIL: Mat. 4:1-11

Injil Matius: 4:1-11
Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus. Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti." Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu." Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!" Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku." Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.

BACA JUGA:

RENUNGAN:
Minggu prapaskah pertama ini menawarkan kepada kita kisah penciptaan seperti yang kita dengar dalam bacaan pertama. Manusia mendapat misi untuk mengelola taman Eden, taman kehidupan dimana manusia mewujudkan dirinya sebagau mitra kerja Allah sendiri. Namun manusia pertama ternyata tidaklah tahan terhadap godaan ular, dan jatuh kedalam dosa. Dalam kisah penciptaan ini, dosa dilihat sebagai ketidakpercayaan manusia terhadap Allah. dengan itu, dosa masuk kedalam dunia oleh satu orang seperti dikatakan Paulus dalam bacaan kedua. Dosa adalah rusaknya telasa manusia dengan Allah karena sikap curiga dan tidak percaya Allah.
Roh jahat tidak hanya berhenti menggoda Adam dan Hawa, ia juga mencobai dan menggoda Tuhan Yesus sendiri sampai tiga kali seperti dalam Injil diatas. Namun, Yesus berhasil mengalahkan godaan roh jahat. Dengan itu Kristus sang adam baru menghapus dosa Adam lama dan ingin memperbaiki relasi yang rusak ini dan melimpahkan kepada manusia kasih karunia dan anugerah kebenaran supaya karya keselamatan Allah tetap menyertai manusia. Adam lama telah membuat satu pelanggaran dan dengan itu semua manusia mendapat penghukuman, tetapi Adam baru telah membawa satu perbuatan kebenaran, sehingga semua orang memperoleh pembenaran dan keselamatan. 
Tuhan, kuatkanlah kami untuk dapat menolak godaan iblis dalam bentuk egoisme dan hoak. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 01 MARET 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel