PESAN PAUS FRANSISKUS - PESTA PEMBAPTISAN TUHAN 2020


Paus di Angelus: ‘Yesus mengajar kita untuk menjadi lemah lembut, sederhana, penuh hormat '

Paus Fransiskus menjelaskan bahwa Yesus menunjukkan kepada kita bagaimana memenuhi rencana Bapa dengan kepatuhan anak, kelemahlembutan, kesederhanaan dan rasa hormat ketika kita melanjutkan misi kita untuk bersaksi dan menyatakan kasih Bapa yang tak terbatas untuk semua anak-anak-Nya.

Mengingat kegembiraan karena baru saja membaptis beberapa bayi di Vatikan, Paus Francis berbicara kepada para peziarah yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk doa Angelus dan berbicara tentang bagaimana orang-orang Kristen dewasa ini harus mengadopsi sikap Yesus yang lemah lembut dan sederhana.

Setiap tahun, Paus merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan membaptis bayi-bayi personel Vatikan di Kapel Sistine. Dia meminta orang-orang yang hadir untuk berdoa bagi anak-anak kecil dan keluarga mereka, dan dia merenungkan liturgi pada hari itu, yang menceritakan Pembaptisan Yesus sesuai dengan Injil Matius.

Sang Penginjil, kata Paus, menggambarkan dialog antara Yesus - yang meminta untuk dibaptis - dan Yohanes Pembaptis, yang terkejut dengan permintaan ini karena ia tahu bahwa Mesias tidak perlu penyucian; dan faktanya, dialah yang perlu dibaptis oleh Tuhan.

Menjembatani jarak antara manusia dan Tuhan
Tetapi Tuhan, kata Paus Fransiskus, adalah Yang Kudus: "Jalan-Nya bukan milik kita, dan Yesus adalah Jalan Allah, suatu cara yang tidak dapat diprediksi."Menjelaskan bahwa Anak Allah datang untuk menjembatani jarak antara manusia dan Allah, dia berkata bahwa "Jika Yesus sepenuhnya di sisi Allah, Dia juga sepenuhnya di sisi manusia." Karena itu, lanjutnya, Yesus menjawab kepada Yohanes “Biarkanlah sekarang, karena dengan demikian sudah sepantasnya bagi kita untuk menggenapi semua kebenaran”. “Yaitu, Dia memenuhi rencana Bapa yang datang melalui kepatuhan anak dan solidaritas dengan kemanusiaan yang lemah dan berdosa. Itu adalah jalan kerendahan hati dan kedekatan Allah dengan anak-anak-Nya, ”katanya.

Sikap orang Kristen
Paus menjelaskan bahwa Yesus memenuhi misi-Nya di dunia dengan gaya yang bertentangan dengan semangat dunia: “Ini adalah sikap orang yang lemah lembut, dan inilah yang Yesus ajarkan kepada kita dengan kerendahan hati-Nya, kelembutan-Nya: sikap kesederhanaan , penghormatan, moderasi dan tersembunyi, yang juga dituntut dari para murid Tuhan dewasa ini. ” Sayangnya, katanya, banyak orang membual tentang menjadi murid Tuhan; dan ini bukan murid Tuhan yang baik. Sebaliknya, "murid yang baik adalah yang rendah hati, yang lemah lembut, yang berbuat baik" tanpa menunjukkannya. Orang-orang Kristen dipanggil, katanya, "pergi keluar untuk bertemu orang lain selalu melamar, tidak memaksakan, memberikan kesaksian, berbagi kehidupan nyata dengan orang-orang."

Segera setelah Yesus dibaptis di Sungai Yordan, Paus melanjutkan, langit terbuka dan Roh Kudus turun ke atas-Nya dalam bentuk seekor merpati, sementara sebuah suara bergema dari atas sambil berkata: "Inilah PuteraKu yang terkasih, dengan yang saya senang ". Paus mengakhiri pidatonya dengan mengingatkan orang-orang yang hadir bahwa dalam Pesta Pembaptisan Tuhan, kita menemukan kembali Pembaptisan kita sendiri.

BACA JUGA:

“Sama seperti Yesus adalah Putra terkasih Bapa,” katanya, “kita juga, terlahir kembali dengan air dan Roh Kudus, tahu bahwa kita adalah anak-anak yang terkasih, objek kesenangan Bapa, saudara dan saudari di antara banyak saudara dan saudari lainnya, dipercayakan dengan misi besar untuk menyaksikan dan menyatakan kasih Bapa yang tak terbatas kepada semua pria dan wanita. " Bagi mereka yang tidak tahu kapan mereka dibaptis, ia mengusulkan "tugas pekerjaan rumah": untuk mencari tahu tanggal pembaptisan mereka. Dan kemudian, dia meminta mereka untuk merayakan tanggal Pembaptisan mereka setiap tahun, mengingatkan semua orang bahwa ini "juga merupakan kewajiban keadilan bagi Tuhan yang telah begitu baik kepada kita."

0 Response to "PESAN PAUS FRANSISKUS - PESTA PEMBAPTISAN TUHAN 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel