MASA NATAL BERAKHIR SAMPAI HARI RAYA PESTA PEMBAPTISAN TUHAN

Natal

Banyak orang yang tidak tahu kapan masa natal dimulai dan berakhir. Maka kita akan bahas kapan dimulainya masa natal dan berakhirnya masa natal.

Penting untuk diketahui bahwa natal merupakan peristiwa penting bagi seluruh umat Kristiani. Peristiwa penting ini karena, Yesus Kristus Sang Juruselamat Manusia lahir kedunia. Dalam rangkaian Natal tentu ada masa-masa pertobatan atau disebut juga dengan masa adven. Sebelum umat Kristiani merayakan hari raya Natal ini, maka ada masa adven atau masa pertobatan. Dalam masa advent warna liturgi yang digunakan adalah ungu, yang melambangkan masa pertobatan. Masa adven berlangsung selama empat minggu lamanya yang dimulai dari minggu pertama bulan desember atau yang mendekatinya dan berakhir sampai dengan tanggal 23 Desember. Dalam masa adven umat Katolik tidak diperkenankan untuk memasang lampu, hiasan, dan pohon natal. 
Jadi jika masa adven atau belum sampai tanggal 24 desember, maka umat Katolik tidak boleh memasang pernak-pernik natal, pohon natal, lampu natal, lagu-lagu natal, dan semua yang berhubungan dengan natal. 

Bagi umat Kristiani khususnya umat Katolik, masa Natal dimulai pada tanggal 24 Desember dan berakhir sampai dengan Hari Raya Pesta Pembaptisan Tuhan. Dengan dimulai tanggal 24 desember itu, maka semua perlengkapan natal dan hisasan-hiasannya dapat dipasang digereja ataupun dirumah. Masa natal yang berakhir sampai Hari Raya Pesta Pembaptisan Tuhan, maka semua hisasan natal dan gua atau kandang domba yang ada digereja untuk tidak lagi digunakan atau dapat disimpan. Selain itu juga dengan berakhirnya masa natal, maka tidak ada lagi perayaan natal atau yang berhubungan dengan natal. Dalam masa natal warna liturgi yang digunakan adalah Putih, yang melambangkan sukacita dan kesucian. 

BACA JUGA:

Dalam kalender liturgi, Hari Raya Pesta Pembaptisan Tuhan merupakan awal dari rangkaian liturgi hari minggu biasa yang Pertama. Maka dalam penggunaan warna liturgi dihari minggu biasa adalah warna Hijau. 

Semoga dengan penjelasan ini dapat membantu kita untuk memahami masa natal dengan benar. Dengan berakhirnya masa natal, jangan membuat kita kembali kepada dosa yang sama, tetapi harus lebih baik lagi.

0 Response to "MASA NATAL BERAKHIR SAMPAI HARI RAYA PESTA PEMBAPTISAN TUHAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel