KARDINAL TERPILIH 2019 MGR IGNATIUS SUHARYO

Minggu 01 September 2019 menjadi terpilihnya Kardinal baru yang diumumkan oleh Paus Fransiskus. Pengumuman ini menjadi salah satu yang tunjuk oleh Paus Fransiskus dari beberapa Kardinal yang terpilih. Mgr Ignatius Suharyo adalah salah satu yang terpilih yang sebelumnya menjabat sebagai Uskup Agusng Jakarta. Dengan penunjukan Kardinal baru ini menjadikan Mgr Ignatius Suharyo sebagai Kardinal ke tiga dari Indonesia.

Berikut adalah profil singkat dari Kardinal baru Mgr Ignatius Suharyo:
Mgr Ignatius Suharyo lahir di Bantul Yogyakarta pada 09 Juli 1950 dan menjadi Uskup Agung Jakarta sejak 29 Juli 2010. Sebelumnya ia pun pernah menjabat sebagai Uskup Agung Semarang. Dalam perjalanan hidupnya ia pernah menjabat sebagai:
1. Uskup agung Jakarta, menjadi Uskup Agung Jakarta merupakan tolok ukur dalam hidup menggereja di Indonesia.
2. Uskup militer. Di Indonesia Mgr Ignatius Suharyo menjadi pemimpin rohani bagi militer Katolik Indonesia yang meliputi para perwira polisi dan tentara Angkatan Darat, Laut, dan Udara.
3. Menjadi Ketua Konferensi Waligereja Indonesia. Mgr Ignatius Suharyo terpilih menjadi ketua KWI selama dua periode.
Dalam hidupnya Mgr Ignatius Suharyo mempunyai Motto yaitu “Serviens Dominio Cum Omni Humilitete” (Aku Melayani Tuhan Dengan Segala Rendah Hati). Motto hidup ini merupakan bagian dari periskop perpisahan Santo Paulus dengan penatua diefesus.
Pernah menajalani pendidikan sekolah dasar Kanisius sedayu dan pada waktu kelas IV ia pindah ke SD Tarakanita Yogyakarta. Setelah lulus SD ia melanjutkan sekolah di seminari Mertoyudan Kabupaten Magelang. Sampai kuliah ia melanjutkan di IKIP Sanata Dharma dengan mendapat gelar Sarjana Muda Bidang Filsafat Teologi tahun 1971. Mgr Ignatius Suharyo ditabiskan menjadi imam pada 26 Januari 1976. 
Dalam perjalanan hidupnya ia juga menulis sejumlah buku diantaranya.
1. Membaca kitab suci : Paham-paham dasar
2. Membaca kitab suci : Tulisan-tulisan perjanjian lama
3. Membaca kitab suci : Tulisan-tulisan perjanjian baru
4. Pengantar injil sinoptik
5. Alam hidup perjanjian lama
6. Kitab wahyu, paham dan maknanya bagi hidup kristen
7. Datanglah kerajaanmu
8. Kisah sengsara Yesus dalam injil sinoptik
9. The chatolik way, kekatolikan dan keindonesian kita
Mgr Ignatius Suharyo terpilih menjadi Kardinal setelah menggantikan jabatan sebelumnya yang dipegang oleh Kardinal Justinus Darmojuono (Alm), dan Kardinal Julius Darmaatmadja. Selamat atas terpilihnya Kardinal Baru Mgr Ignatius Suharyo semoga dapat mengemban tugas Panggilan Tuhan dengan Sebaik-baiknya.

0 Response to "KARDINAL TERPILIH 2019 MGR IGNATIUS SUHARYO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel