CARA PINDAH AGAMA KATOLIK

Beberapa syarat dan ketentuan ketika seseorang non katolik ingin pindah kepercayan menjadi umat katolik. Memang pada dasarnya untuk pindah menjadi agama katolik itu tidaklah mudah. Harus melewati syarat-syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh gereja sendiri. Disini kita akan melihat syarat apa saja yang harus dilewati untuk menjadi seorang katolik.
Menjadi Katolik

1. Proses Pendaftaran 
Proses pertama jika ingin menjadi umat katolik perlu mendaftar kepada Pastur atau staf pasturan di gereja. Pendaftaran ini bertujuan untuk mendata semua data diri orang tersebut supaya data diri orang tersebut jelas. untuk tahap proses yang pertama perlu untuk bertemu dengan pastur atau romo agar lebih jelas dan yakin. 

2. Pembelajaran
Untuk menjadi seorang katolik dari pindahan agama apapun perlu adanya proses pembelajaran. Proses pembelajaran menjadi katolik itu cukup lama kira-kira enam bulan sampai satu tahun. Jika pindah dari gereja Kristen mungkin akan lebih mudah dan cepat prosesnya dibandingkan dengan non Kisten. Tujuan dari proses pembelajaran ini adalah supaya seseorang yang hendak pindah agama katolik itu paham dan mengerti tata aturan gereja secara mendalam. Proses pemantapan diri pun dilakukan supaya yakin dengan perpindahan agama ini, supaya tidak menjadi penyesalan diakhir. Karena gereja katolik melayani bagi mereka yang mau pindah agama dengan serius bukan main-main.  


3. Mengisi data Formulir
Setelah melaksanakan proses pembelajaran menjadi katolik, maka langkah selanjutnya adalah pengisian formulir. Formulir dilaksanakan sebelum menjadi katolik dan formulir diterima menjadi anggota gereja. Formulir berisi tentang data diri dan kesiapan menjadi katolik yang ditanda tangani calon umat, wali baptis dan Pastur gereja.

4. Baptisan 
Setelah semua proses diatas dilaksanakan dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah proses baptisan. Proses pembaptisan adalah dimana sesorang mengakui Yesus Kristus sebagai juru selamat, dan masuk kedalam kerajaan Allah. Proses pembaptisan dihadiri juga oleh wali baptis yang dipilih sebagai pengajar dalam proses pembelajaran yang dapat mempertanggung jawabkan segala sesuatunya. Setelah proses baptisan selesai maka seseorang sudah sah menjadi anggota gereja Katolik, dan wajib melaksanakan tugas-tugas sebagai anggota gereja. Jika proses baptisan atau calon baptis yang mau menjadi anggota gereja Katolik adalah umat yang sudah dewasa maka dapat langsung menerima Komuni pertama.

Itulah beberapa syarat jika seseorang hendak pindah agama ke Katolik. Supaya menjadi gambaran dan pengetahuan bagi mereka yang bersangkutan. Semoga memberikan sebuah manfaat dan pengetahuan bagi pembaca.

0 Response to "CARA PINDAH AGAMA KATOLIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel