BULAN MARIA ADALAH

Bulan Maria dalam gereja katolik diperingati pada bulan Mei dan Bulan Oktober. Dalam bulan Maria gereja katolik secara khusus berdevosi dan berdoa terhadap Bunda Maria. Lalu kenapa bulan Mei dan Oktober disebut sebagai bulan Maria? Dalam peringatan gereja katolik, sebenarnya bulan Maria adalah bulan Mei. Sedangkan bulan Oktober adalah bulan Rosario. Tetapi karena bulan Rosario merupakan hal yang berhubungan erat dengan Bunda Maria, maka sering umat katolik memaknai hal yang sama. Disini akan kita jelaskan tentang asal mula Bulan Maria dan Sejarah dari Bulan Rosario.
Penjelasan mengapa bulan Mei disebut sebagai bulan Maria? Mengingat sejarah gereja di masa lampau, dimana bulan mei merupakan pertengahan musim semi. Musim yang bisa disebut musim yang menggembirakan dan memberikan harapan yang indah. Maka untuk merayakan musim yang indah tersebut orang-orang di romawi mengadakan sebuah pesta. Musim semi yang dikaitkan dengan awal mula dari suatu permulaan kehidupan, dan identik dengan munculnya bunga-bunga yang mekar. Maka bulan ini juga dihubungkan dengan Bunda Maria sebagai hawa yang baru, bulan Mei disebut dengan bulan Maria. 

Selanjutnya adalah bulan Oktober yang disebut bulan Rosario. Mengapa demikian??
Mari kita lihat sejerah singkatnya mengapa bulan Oktober disebut bulan Rosario. Bulan Rosario yang jatuh pada bulan Oktober dikaitkan dengan peristiwa dimasa lalu. Dimana di negara Italy pada bulan Oktober tepatnya tanggal 7 Oktober 1571 di masa lalu, merupakan peristiwa dimana armada Kristen di negara Italy merasa terdesak oleh armada Turki dalam hal peperangan. Lalu ketika terdesak karena kekurangan personil, maka armada Kristen serta seluruh umat yang ada disitu berdoa kepada Bunda Maria meminta pertolongan. Doa kepada Bunda Maria secara berulang ulang yang merupakan awal dari doa Rosario yang kita kenal sekarang. Pada waktu itu peperangan terjadi dan di menangkan oleh armada Kristen Italy. Maka bulan Oktober, gereja katolik memperingati sebagai bulan Rosario. Dan khusus pada tanggal 7 Oktober diperingati sebagai peristiwa Santa Maria Ratu Rosario.

BACA JUGA:

Itulah sejarah dan penjelasan tentang Bunda Maria dan Bulan Rosario. Doa untuk memperbanyak renungan terhadap Bunda Maria sebagai Bunda Allah. Kita diajak untuk berdoa secara khusus bersama Bunda Maria bukan untuk menyembahnya.

0 Response to "BULAN MARIA ADALAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel