BULAN KITAB SUCI NASIONAL 2019

Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2019 Keuskupan Purwokerto dimulai bulan September. Kegiatan ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Bulan Kitab Suci Nasional kali ini bertemakan “Mewartakan Kabar Baik Di Tengah Krisis Lingkungan Hidup”. Kegiatan yang dilakukan adalah memperdalam Kitab Suci melalui Kegiatan Pendalaman Iman dengan panduan yang sudah disediakan oleh Tim dari Keuskupan Purwokerto. Krisis Lingkungan Hidup diangkat menjadi tema tahun 2019 supaya diharapkan Umat gereja Katolik Indonesia mampu menyikapi situasi arus zaman dengan bijaksana berdasarkan nilai-nilai injil. Dalam tema ini juga nantinya akan dibagi menjadi 4 (empat) sub tema. Bahan Pendalaman Iman Kitab Suci akan memperdalam pada kitab injil Kejadian. Berikut Sub Tema yang akan dibahas untuk pertemuan pendalaman iman:

1. Makhluk Hidup Musnah Karena Kejahatan Manusia
    Pada Pertemuan I ini umat diajak untuk menyadari alasan bagaimana terjadinya musibah air bah yang mengakibatkan manusia dan segala makhluk hidup musnah. Selain itu juga kita diajak untuk menyadari bagaimana cara untuk mengatasi krisis lingkungan hidup yang ada di sekitar kita.

2. Kita Dipanggil Untuk Melestarikan Lingkungan Hidup
    Pertemuan ke II bagimana kita sebagai umat Katolik dapat memahami bahwa Nabi Nuh dipanggil Allah untuk melestarikan lingkungan hidup. Bagaimanapun lingkungan yang ada sekarang sudah dipenuhi oleh sampah plastik. Karenanya sampah plastik adalah hal yang dapat merusak lingkungan dan tidak dapat terurai dalam waktu yang singkat.


3. Allah Memperbarui Bumi Untuk Makhluk Ciptaan-Nya
   Pertemuan ke III Gereja mengajak umatnya untuk semakin menyadari alasan Allah membarui bumi ini. Allah ingin agar bumi ini tetap terjaga dan terawat akan segala ciptaannya melalui peristiwa alam.


4. Perjanjian Allah dengan Semua Makhluk Hidup
   Pertemuan ke IV umat diajak semakin menyuadari alasan mengapa Allah setia pada perjanjian-Nya. Selain itu juga gaya hidup kita yang harus ramah lingkungan dalam menghadapi krisis lingkungan hidup.

Dalam Bulan Kitab Suci Nasional 2019, kita diajak untuk sharing pendapat dan berdiskusi tentang bahan yang telah disediakan. Mulai dari Anak-anak, OMK, dan Dewasa semua ada bahan yang dikhususkan untuk kelompok usia yang ada. Dalam bahan pendalaman iman 2019 Keuskupan Purwokerto mendalami tentang kisah Nabi Nuh yang mengalami musibah air bah. Karena Nabi Nuh dapat menjadi teladan bagi setiap manusia yang senantiasa bersyukur kepada Allah atas anugerah alam ciptaan.

0 Response to "BULAN KITAB SUCI NASIONAL 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel