RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 13 MEI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 13 MEI 2024

Santa Perawan Maria dr Fatima

Kis 19:1-8; Mzm 68:2-3.4-5ac.6-7ab; Yoh 16:29-33.

BcO Kis 25:1-27

Warna Liturgi Putih

Kata murid-murid-Nya: "Lihat, sekarang Engkau terus terang berkata-kata dan Engkau tidak memakai kiasan. Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah." Jawab Yesus kepada mereka: "Percayakah kamu sekarang? Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu diceraiberaikan masing-masing ke tempatnya sendiri dan kamu meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."

Renungan 

Mengapa Paulus begitu berani menjelajah daerah-daerah pedalaman Asia untuk mewartakan Yesus Kristus? Karena ia percaya bahwa ia tidak sendirian. Memang ia mempunyai teman seperjalanan, tetapi lebih daripada itu, ia percaya bahwa Allah Tritunggal menyertainya juga. 

Pewartaan Injil adalah karya bersama. Kita tidak dapat mengutus diri kita sendiri. Kita tidak akan mampu melaksanakan tugas pewartaan itu sendirian. Kita membutuhkan pendampingan sesama dan Tuhan. 

Yesus pun dalam Bacaan Injil (Yoh. 16:29-33) menyatakan bahwa Dia tidak akan sendirian karena Bapa menyertai-Nya, meskipun murid-murid-Nya akan lari meninggalkan Dia pada saat Dia disalibkan. Pada saat tertentu, kita pun akan merasa ditinggalkan sendirian dalam pergulatan hidup, bahkan oleh orang-orang yang paling dekat dengan kita. Akan tetapi, sebagai pengikut Yesus kita tetap perlu ingat bahwa Allah Tritunggal selalu menyertai kita. Kita perlu mengingat kata-kata Yesus ini, "Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia." Selain mengutus sesama untuk mendampingi kita, Bapa juga akan mengutus Roh Kudus untuk menguatkan kita agar mampu melalui masa yang sulit itu. 

Bapa, jadikanlah kami perpanjangan tangan-Mu untuk menguatkan sesama yang sedang bergulat dalam imannya. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 13 MEI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel