RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 1 JUNI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 1 JUNI 2024

Perayaan Wajib

St. Yustinus

Yud 17:20b-25; Mzm. 63:2,3-4,5-6; Mrk 11:27-33;

BcO 2Kor 12:14-13:14

Warna Liturgi Merah

Lalu Yesus dan murid-murid-Nya tiba pula di Yerusalem. Ketika Yesus berjalan di halaman Bait Allah, datanglah kepada-Nya imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua, dan bertanya kepada-Nya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?" Jawab Yesus kepada mereka: "Aku akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu. Berikanlah Aku jawabnya, maka Aku akan mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!" Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya? Tetapi, masakan kita katakan: Dari manusia!" Sebab mereka takut kepada orang banyak, karena semua orang menganggap bahwa Yohanes betul-betul seorang nabi. Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Maka kata Yesus kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."

Renungan 

Berhadapan dengan mereka yang mencari-cari kesalahan orang lain, Yesus tetap menebarkan keselamatan. la tidak menghukum mereka, tetapi berjuang untuk menyadarkan bahwa mereka juga memperoleh keselamatan. Peristiwa ini terjadi di Bait Allah, tempat yang diyakini oleh orang Yahudi sebagai tempat Allah hadir. Namun, ironisnya, orang-orang yang melayani di sana — orang-orang Farisi, ahli Taurat justru kehilangan kehadiran Tuhan. Yesus bukan membenci dan hendak menjatuhkan, melainkan ingin menyadarkan bahwa Dia hendak menyelamatkan mereka semua. Namun, apalah daya jika kita menghadapi orang-orang yang sudah dikuasai rasa benci dan dendam. 

Inilah yang terjadi ketika Yesus menghadapi para ahli Taurat dan tua-tua. Yesus mengembalikan apa yang mereka yakini dan imani. Terkait Yohanes, apa yang mereka yakini dan imani? Mereka tahu jawaban yang sesungguhnya, namun tertutup oleh kedengkian, amarah, dan niat menjatuhkan. Akibatnya, mereka tidak bisa mengungkap fakta yang sesungguhnya. 

Mereka hanya mementingkan diri sendiri dan hidup dengan penuh topeng kepalsuan. Karena itu, hati-hatilah dengan kepalsuan hidup. Jika tidak segera dibersihkan dan dibuka, rahmat Tuhan akan tertutup dan tidak akan ada berkat yang tercurah dari-Nya. 

Tuhan, bersihkanlah hati kami dari topeng kepalsuan hidup. Jauhkan kami dari kebencian dan dendam sehingga kami terbuka terhadap kehadiran rahmat-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 1 JUNI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel