RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 15 MEI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 15 MEI 2024

Hari Biasa

Pekan VII Paskah

Kis 20:28-38; Mzm 68:29-30.33-35a.35b-36c; Yoh 17:11b-19.

Warna Liturgi Putih

Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka.Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.

Renungan 

Perpisahan pasti menyedihkan, terutama ketika kita harus berpisah dengan orang yang amat berarti dalam hidup kita. Maka dari itu, mereka yang hendak pergi akan memberikan kata-kata perpisahan yang menghibur dan menguatkan. Kata-kata perpisahan itu menyimpulkan hidup kita bersama mereka. Itulah yang dilakukan Paulus dengan para penatua jemaat dari Efesus dan Yesus dengan para murid-Nya. 

Akan tiba waktunya kita meninggalkan orang-orang yang kita cintai. Apakah kita sudah menyiapkan kata-kata perpisahan? Bagaimana kira-kira kata-kata perpisahan tersebut? Kita dapat mengikuti kata-kata perpisahan Paulus atau Yesus. Intinya adalah menyemangati mereka untuk tetap setia dalam panggilan hidup mereka. Mereka perlu tahu bahwa meskipun kita pergi, Tuhan akan selalu setia bersama mereka. Bapa akan selalu memelihara mereka dengan pertolongan Roh Kudus dan Firman-Nya. 

Sering kali ada pertanyaan, "Apakah yang Anda lakukan jika besok akan meninggal dunia? Seorang teman menjawab, "Saya akan mendoakan orang-orang yang saya kasihi." Kita boleh tambahkan, dan mendoakan musuh-musuhku. 

Bapa, ampunilah kesalahan kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 15 MEI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel