RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 30 MEI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 30 MEI 2024

Hari Biasa

1Ptr 2:2-5.9-12; Mzm 100:2.3.4.5; Mrk 10:46-52.

BcO 2Kor 11:7-29

Warna Liturgi Hijau

Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerikho. Dan ketika Yesus keluar dari Yerikho, bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan orang banyak yang berbondong-bondong, ada seorang pengemis yang buta, bernama Bartimeus, anak Timeus, duduk di pinggir jalan. Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" Banyak orang menegornya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!" Lalu Yesus berhenti dan berkata: "Panggillah dia!" Mereka memanggil orang buta itu dan berkata kepadanya: "Kuatkan hatimu, berdirilah, Ia memanggil engkau." Lalu ia menanggalkan jubahnya, ia segera berdiri dan pergi mendapatkan Yesus. Tanya Yesus kepadanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang buta itu: "Rabuni, supaya aku dapat melihat!" Lalu kata Yesus kepadanya: "Pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Pada saat itu juga melihatlah ia, lalu ia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya.

Renungan 

Apakah kita sudah mengecap kebaikan Tuhan hari ini? Jika kita dapat membaca renungan ini, kita adalah orang yang terberkati. Itu berarti kita masih hidup, kita dapat membaca, dan kita masih waras. Itu juga berarti bahwa ada kerinduan dan ada waktu untuk bertemu dengan Bapa kita yang ada di surga. Kita menjadi kuat dan bersemangat, disembuhkan dan diampuni oleh Firman Tuhan. 

Hari ini Tuhan Yesus mengatakan kepada kita: imanmu telah menyelamatkan engkau. Itulah salah satu contoh kebaikan Tuhan yang kita alami hari ini. Hari-hari selanjutnya, kebaikan Tuhan sudah menanti. 

Janganlah kita putus asa dan patah semangat ketika kita difitnah, dipersulit, didiskriminasi, ataupun disiksa. Dalam situasi seperti itu, Tuhan tetap memelihara, melindungi, dan membela kita. Tidak ada alasan untuk membalas dendam. Maka, tepatlah kata-kata Rasul Petrus dalam Bacaan Pertama: Milikilah cara hidup yang baik di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai pelaku kejahatan, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari la melawat mereka (1Ptr. 2:12). Mari kita mengalahkan kejahatan dengan kebaikan. Kebaikan Tuhan kepada kita sudah cukup menjadi alasan untuk berbuat baik kepada sesama, termasuk musuh-musuh kita. 

Bapa, dengarkanlah ratapan saudara-saudari kami yang sedang dianiaya di berbagai negara sebab Engkaulah tempat perlindungan mereka. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 30 MEI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel