RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 18 APRIL 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 18 APRIL 2024

Hari Biasa Pekan III Paskah

Kis 8:26-40; Mzm 66:8-9,16-17,20; Yoh 6:44-51.

BcO Kis. 10:1-33

Warna Liturgi Putih

Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku. Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal. Akulah roti hidup. Nenek moyangmu telah makan manna di padang gurun dan mereka telah mati. Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati. Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

Renungan 

Yesus adalah Roti Hidup. Dialah yang mampu memuaskan rasa lapar kita. Roti manna hanya membawa hidup sementara. Namun, jikalau seorang makan "Roti Hidup", ia akan hidup selama-lamanya. 

Mungkin baik kita renungkan, saat kita datang ke Meja Perjamuan, yakni Ekaristi, sesungguhnya apa yang kita harapkan untuk kita terima? Kita mengharapkan ketenangan batin, kesembuhan, pengampunan? Tuhan mempunyai semua itu, lebih daripada yang bisa kita bayangkan. Namun, kita perlu menyadari bahwa buah utama dari Ekaristi adalah persatuan mesra dengan Allah dalam diri Kristus. 

Hendaklah kita menyadari bahwa dalam Ekaristi itu kita mempersatukan hidup kita dengan Yesus seutuhnya. Filipus menerangkan apa yang dibaca oleh seorang sida-sida, yakni tentang orang yang "seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian...” bahwa itulah Yesus. Yesus seperti itulah yang hendaknya berani kita terima dalam Ekaristi. 

Ya Tuhan, kami sungguh percaya bahwa Ekaristi adalah Roti Hidup, Engkau sendiri. Berilah kami rahmat untuk semakin mengimani-Mu. Berilah kami kekuatan dan keberanian agar kami pun bisa membagi-bagikan hidup kami bagi sesama. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 18 APRIL 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel